Pabrik Wuling Segera Mulai Beroperasi, Sudah Pakai Komponen Lokal Lebih dari 50...

Pabrik Wuling Segera Mulai Beroperasi, Sudah Pakai Komponen Lokal Lebih dari 50 Persen

447
0
BERBAGI
Wuling memantapkan diri untuk jadi bagian dari industri otomotif Indonesia (Foto: Wuling)

Seperti yang sudah ramai diperbincangkan sejak GIIAS 2016 lalu, perusahaan gabungan SAIC-GM-Wuling (SGMW) tengah membangun pabrik di Greenland International Industrial Center (GIIC), Block BA No 1 dan 2 Sukamahi, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat.

SGMW disebut akan mulai meramaikan pasar otomotif di Indonesia melalui merek mobil Wuling tahun ini. Sebagai permulaan, SGMW akan melepas model mobil di kelas MPV yang dipersiapkan untuk jadi lawan Toyota Avanza maupun Suzuki Ertiga.

Mulai Uji Coba

Untuk saat ini, pembangunan pabrik SGMW di Indonesia boleh dibilang mendekati selesai. Progres pabrik ini telah mencapai 70 persen sejak peletakan batu pertamanya di bulan Agustus 2015. Menurut pihak SGMW, rencananya tahap produksi akan dimulai segera agar produk mereka sudah bisa dijual pada kuartal ketiga 2017.

Penampakan salah satu model Wuling dengan kamuflase yang tengah diuji coba (Foto: Indonesiaautosblog)

Penampakan Wuling Hongguang berkamuflase yang tampak beredar di Jakarta beberapa waktu lalu pun menjadi salah satu pertanda bahwa SGMW memang tengah mempersiapkan produknya. Menurut pihak SGMW, pengujian Hongguang kala itu untuk melakukan sejumlah penyesuaian terhadap kondisi jalanan di Indonesia.

Komponen Lokal

SGMW mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya telah menggunakan komponen lokal lebih dari 50 persen. Hal ini menjadi wujud komitmen SGMW untuk bermain di pasar otomotif Indonesia dalam jangka panjang dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Groundbreaking pabrik SGMW di tahun 2015 (Foto: dapurpacu)

Saat ini, SGMW telah menjalin kerjasama dengan 15 produsen komponen yang nantinya akan menempati area supplier park di pabrik mereka. Pabrik SGMW diketahui memiliki luas 60 hektar dan dibagi menjadi dua area, yakni 30 hektar untuk pabrik dan 30 hektar untuk pemusatan produsen komponen.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY