Ford Keberatan Mustang Dibilang Tidak Safe

Ford Keberatan Mustang Dibilang Tidak Safe

386
0
BERBAGI
(foto : Euro NCAP)

Belum lama ini, lembaga pengujian Euro NCAP mengeluarkan hasil uji tabrak terhadap Ford Mustang. Pada pengujian ini, Ford Mustang hanya memperoleh total nilai 2 bintang saja, atau dipredikat tidak aman! Banyak kerusakan fatal yang terjadi pada boneka uji yang berperan untuk menjadi pengganti sopir dan penumpang.

Pada saat dilakukan uji tabrak frontal yang menguji perangkat airbag bagi pengemudi dan penumpang depan, airbag tidak bisa mengembang maksimal sehingga tidak mampu menahan pengemudi dan penumpang depan. Hal yang sama juga terjadi saat mobil dilakukan uji tabrak frontal untuk menguji seatbelt, karena hasilnya kinerja pre-tensioner dan load limiter juga tidak bekerja maksimal bagi penumpang belakang, sehingga bisa mengakibatkan cedera perut. Sedangkan saat uji tabrak sisi samping, lagi-lagi perangkat airbag tidak bisa memberikan perlindungan maksimal. Saat diuji, ketika terjadi benturan keras, kepala boneka yang digunakan dalam pengujian membentur trim interior karena airbag tidak memberikan peredaman maksimal.

Ford Tidak Terima

Setelah Euro NCAP memberikan penilaian pada Ford Mustang yang tidak memiliki standar keamanan bagi konsumennya, pabrikan mobil Amerika ini lalu mendelegasikan Ford Australia untuk angkat bicara. Ford Australia merasa keberatan dengan penilaian yang dikeluarkan oleh Euro NCAP, dengan memberikan rating dua bintang. Penilaian ini menunjukkan bahwa Ford Mustang tidak memiliki tingkat keamanan tinggi untuk para konsumennya.

Nilai Hasil pengujian Euro NCAP, buruk (sumber : Euro NCAP)

Direktur Ford Australia, Martin Gunsberg tak percaya pada penilaian yang diberikan oleh Euro NCAP pada produk Ford Mustang. Mengingat produk muscle car tersebut dibangun dengan standar keamanan yang maksimal, dan mustahil hanya mendapat dua bintang di pengujian keamanan tersebut. “Ford Mustang merupakan mobil yang aman dan memenuhi semua standar keselamatan yang berlaku secara global. Dimana NHTSA NCAP dan IIHS memberikan rating bintang lima.” ujar Gunsberg. Yah semoga saja hasil ini dikarenakan adanya suatu kesalahan saat pengujian, dan tidak terjadi pada mobil yang dipakai oleh konsumen.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY