GM dan Honda Kerjasama Kembangkan Teknologi Mobil Hidrogen

GM dan Honda Kerjasama Kembangkan Teknologi Mobil Hidrogen

522
0
BERBAGI
Kerjasama antara GM dan Honda untuk menciptakan mesin bertenaga hidrogen (foto : Fox News)

Beberapa hari yang lalu beredar berita bahwa saat ini General Motors dan Honda sedang menjalin kerjasama untuk memproduksi sistem mobil berbahan bakar hidrogen dengan harga jual yang lebih terjangkau. Kedua perusahaan otomotif raksasa ini sepakat untuk melakukan joint venture dan berinvestasi bersama, dengan nilai investasi senilai 300 milyar! “Kerjasama dari dua pemimpin dalam inovasi fuel cell adalah perkembangan yang sangat ditunggu untuk membuat penggunaan teknologi ini lebih populer,” ujar Executive Vice President Global Product Development, Purchasing and Supply Chain General Motors, Mark Reuss.

Kedua perusahaan ini membangun pabrik baru proyek pengembangan ini. Pabrik bernama Fuel Cell System Manufacturing, LLC itu bakal beroperasi di lokasi pabrik baterai milik GM di Brownstown, Michigan, Detroit Selatan. Mereka dikabarkan akan memulai produksi pada tahun 2020. “Peluncuran teknologi pada kendaraan penumpang, diharapkan membuat produk yang memiliki diferensiasi dari pabrikan lain dan mewujudkan kendaraan yang lebih ekonomis serta ramah lingkungan,” tambah Reuss.

Tantangan Pemasaran

Selain tantangan pada fase pengembangan, selanjutnya teknologi yang terhitung sangat baru, apalagi di mata para kaum awam ini tentu saja akan menemukan tantangan dalam hal pemasarannya. Produsen harus siap-siap membuat kampanye besar-besar untuk bisa membangun brand image, brand awareness, juga membangun mindset baru pada masyarakat. Selain itu, produsen juga harus bekerja keras agar bisa memindahkan paradigma ketergantungan akan minyak bumi, emisi, efisiensi, jarak tempuh dan frekuensi pengisian bahan bakar. Terobosan mesin berbahan bakar hidrogen ini sepertinya memang sangat dibutuhkan bumi, karena satu-satunya emisi yang dikeluarkan oleh mesin kendaraan jenis ini hanyalah uap air.

Fuel cell terbaru hasil kerjasama GM dan Honda (foto : Carbay Blog)

Kabarnya, GM saat ini tengah menguji kemampuan fuel cell-nya di berbagai medan seperti darat, laut hingga udara. Perusahaan ini sudah mengumpulkan jutaan kilometer pengujian di kendaraan darat. “Dengan generasi berikutnya dari fuel cell, GM dan Honda akan membuat langkah maju yang lebih signifikan, yakni teknologi dengan sistem yang lebih besar volumenya. Pertukaran ilmu serta fungsi antar tim dalam mengembangkan proses perakitan yang lebih canggih juga berjalan simultan dengan pengembangan desain kendaraannya,” tutup pihak GM.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY