Hasil Uji Tabrak 5 Mobil yang Beredar di Indonesia

688
0
BERBAGI

Di akhir tahun 2016 lalu, ASEAN NCAP merilis hasil uji tabrak beberapa mobil yang beredar di kawasan Asia Tenggara. Dari hasil yang dirilis, beberapa diantaranya adalah mobil yang beredar di Indonesia. Otostop kali ini akan merangkumkan hasil uji tabrak 5 mobil yang belum lama ini meluncur dan beredar di Indonesia. Mobil apa sajakah yang diuji? 

1. Honda Civic Turbo

Honda Civic Turbo akhirnya menjalani uji tabrak di ASEAN NCAP dan dinyatakan lulus uji. Dalam pengujian tersebut, Honda Civic turbo berhasil meraih nilai 14,74 dari nilai maksimal 16,00 poin pada frontal offset crash test untuk perlindungan penumpang dewasa dan nilai 86% untuk perlindungan penumpang anak. Dari angka yang didapat, maka Honda Civic turbo berhasil meraih predikat lima bintang dari ASEAN NCAP. Sebelum tes yang dilakukan oleh ASEAN NCAP, Honda Civic turbo juga sudah menjalani uji tabrak yang dilakukan oleh IIHS di Amerika Serikat bersama Civic turbo model coupe. Kedua mobil tersebut dinyatakan lulus dengan hasil baik.

2. Toyota Sienta

Mobil yang belum lama meluncur di Indonesia dan mendapatkan berbagai penghargaan ini juga menjalani uji tabrak yang dilakukan oleh ASEAN NCAP. Toyota Sienta buatan Indonesia juga sukses meraih rating bintang lima. Penilaian yang berhasil dicatatkan oleh Sienta adalah 15,26 poin untuk perlindungan pada penumpang dewasa dan 74% untuk perlindungan penumpang anak. Model Sienta yang berhasil mendapat rating keamanan bintang lima ini adalah varian yang dilengkapi dengan ESC atau electronic stability control, sedangkan varian yang tidak memilik ESC hanya mendapatkan empat bintang.

3. Toyota Calya

Ini dia hasil uji tabrak yang mungkin banyak ditunggu-tunggu! Nilai yang diraih mobil ini cukup memuaskan, yakni 12,93 poin untuk perlindungan penumpang dewasa dan 73% untuk perlindungan penumpang anak. Total penilaian, Toyota Calya mendapatkan predikat empat bintang ASEAN NCAP.

4. Daihatsu Sigra

Hasil yang didapat oleh kembaran Toyota Calya ini tidak jauh berbeda, sama-sama mendapat empat bintang untuk perlindungan penumpang dewasa pada Sigra yang dibekali dual SRS Airbag. Tetapi berbeda dengan Calya, Daihatsu Sigra hanya mendapat dua bintang untuk perlindungan terhadap penumpang anak. Hal ini sepertinya diakibatkan oleh tidak adanya perangkat Isofix pada bangku deret kedua Daihatsu Sigra. Padahal, Toyota Calya saja sudah dibekali oleh Isofix. Sayang ya?

5. Mitsubishi All New Pajero Sport

SUV yang menggunakan sasis ladder frame ini berhasil melewati uji tabrak ASEAN NCAP dengan baik. Hasil yang dicapai pun cukup memuaskan, All New Pajero Sport meraih 15,29 point dengan predikat lima bintang. Point tersebut didapatkan pada pengujian perlindungan penumpang dewasa dan diraih oleh varian All New Pajero Sport yang sudah dilengkapi oleh ESC dan Seatbelt Reminder System. Untuk varian yang tidak dilengkapi dengan fitur tersebut hanya mendapatkan empat buah bintang saja dari ASEAN NCAP. Sedangkan untuk pengujian perlindungan terhadap penumpang anak, mobil ini dianugerahi nilai empat bintang dengan persentase 76%. Nilai yang baik ini bisa dihasilkan oleh All New Pajero Sport karena sudah dilengkapi dengan Isofix dan top tether.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY