Jelang Peluncurannya di Indonesia, Wuling Cetak Rekor Penjualan di Negeri Tiongkok

Jelang Peluncurannya di Indonesia, Wuling Cetak Rekor Penjualan di Negeri Tiongkok

368
0
BERBAGI
Wuling Hongguang (foto : carmudi.com)

Wuling, produsen mobil dari negeri Tiongkok yang bekerja sama dengan General Motors mencatat rekor penjualan baru tahun di tahun 2016. Penjualan produk Wuling di Tiongkok pada tahun 2016 lalu mencapai 2,13 juta unit. Terdapat selisih yang lumayan besar jika dibandingkan dengan penjualannya di tahun 2015 sebanyak 2,04 juta unit. Wuling Hongguang tercatat menjadi penyumbang terbesar penjualan Wuling di tahun 2016. MPV ini mencatat penjualan sebanyak 650.018 selama tahun 2016.

SAIC-General Motors-Wuling (SGMW) telah berdiri di Tiongkok selama lebih dari 15 tahun sejak didirikan pada 2002 oleh tiga pemegang saham terkuat di dunia otomotif Tiongkok yaitu SAIC Motors Corporation Limited, General Motors China dan Guangxi Automobile Group. Perusahaan ini menjadi perusahaan otomotif pertama di Tiongkok yang mencapai produksi tahunan lebih dari 2 juta unit. Selain itu, perusahaan ini juga meraih posisi pertama dalam hal kuantitas penjualan untuk perusahaan otomotif tunggal selama 11 tahun di Tiongkok.

Bagaimana dengan Nasibnya di Indonesia

Beberapa bulan yang lalu, Wuling mengabarkan akan memperluas jaringan bisnisnya di Indonesia. Setelah memperkenalkan contoh produknya saat GIIAS 2016 lalu, saat ini Wuling sedang menggarap pabrik produksinya di Cikarang, Jawa Barat, dengan besaran nilai investasi yang ditanamkan oleh Wuling di Indonesia mencapai 700 juta Dolar Amerika. Perkembangan pembangunan pabrik Wuling saat ini sudah mencapai kurang lebih 70%, dan rencananya akan meluncurkan mobil low MPV pertamanya di Indonesia pada semester kedua 2017.

Penampakan salah satu model Wuling dengan kamuflase yang tengah diuji coba (Foto: Indonesiaautosblog)

Lalu, apakah Wuling bisa mengukir sukses di Indonesia sama seperti sukses di negara asalnya? Mengingat warga Indonesia sedikit agak anti dengan produk-produk otomotif buatan China, karena terkenal tidak awet dan gampang rusak. Wuling harus bekerja keras di Indonesia untuk bisa merubah paradigma warga Indonesia terhadap produk otomotif buatan China.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY