Akhirnya, Ada Produsen Mobil yang Tak Gentar pada Ancaman Trump!

Akhirnya, Ada Produsen Mobil yang Tak Gentar pada Ancaman Trump!

768
0
BERBAGI
Mazda seakan tak gentar pada ancaman Trump (Foto:carbrandnames)

Belakangan ini, Presiden baru Amerika Serikat (AS), Donald Trump tengah banyak mendapat kecaman. Tidak hanya kebijakan-kebijakannya yang berbau rasialisme, namun juga kebijakan terkait dunia industri yang disebutnya sebagai salah satu jalan untuk mewujudkan kembalinya kejayaan AS.

Selain mengancam para produsen mobil yang nekat membangun pabriknya di Meksiko dengan pajak tinggi, Trump juga membuat beberapa produsen mengalami kerugian karena batal membangun pabrik baru di Meksiko. Meski demikian, ternyata ada satu produsen mobil yang tetap nekat untuk membangun pabriknya di Meksiko. Siapakah produsen itu?

Tak Ada Rencana Bangun Pabrik di AS

Produsen yang tak ambil pusing pada kebijakan Trump itu adalah Mazda Motor Jepang yang menyatakan pihaknya tidak memiliki rencana untuk membangun pabrik di Amerika. Mazda seolah tidak gentar pada ancaman Trump yang akan menaikkan pajak atas barang impor. Padahal, AS adalah salah satu pasar yang penting untuk Mazda. Wah, berani sekali ya Mazda?

Sejumlah kebijakan Trump dinilai memberatkan kalangan industri (foto : Locker Down)

Tidak seperti Toyota yang memilih untuk mengucurkan investasi membangun pabrik di AS, Mazda justru mengatakan akan tetap berpegang pada rencananya: meningkatkan produksi secara bertahap untuk pabriknya di Jepang dan Meksiko. Sungguh suatu keputusan yang berani, mengingat Mazda sendiri tergolong sebagai produsen mobil berskala kecil di Jepang dan membuatnya rentan terhadap potensi hambatan perdagangan baru.

Posisi Amerika Serikat Terhadap Penjualan Mazda

Sebagai salah satu negara yang mempunyai potensi pasar bagi Mazda, AS menyumbang seperlima dari penjualan Mazda pada sembilan bulan pertama tahun fiskal 2016. Sejak tahun 2012, Mazda bahkan belum sekalipun melakukan aktivitas produksi di AS. Delapan puluh persen dari mobil Mazda diproduksi di Jepang, yang pasarnya hanya berkontribusi  11 persen dari penjualan.

Pabrik Mazda di Salamanca, Meksiko (Foto: Autonews)

Untuk pasar AS, Mazda memilih untuk mengekspor 46.000 unit kendaraan ke AS dari pabriknya di Salamanca, Meksiko. Tak hanya itu, Mazda bahkan berenana untuk meningkatkan angka produksinya di pabrik itu dari yang semula 193.000 unit menjadi 230.000 setiap tahunnya. Rencana ini tentunya bakal mendapat hambatan dari Gedung Putih yang saat ini mempertimbangkan untuk mengenakan pajak perbatasan 20 persen untuk produk dari negara-negara dengan mana Amerika memiliki defisit perdagangan.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY