Suzuki Ignis Masuk Nominasi World Car of the Year!

Suzuki Ignis Masuk Nominasi World Car of the Year!

954
0
BERBAGI
(foto: sumber Ototaiment)

Mobil kecil pendatang baru dari Suzuki, Ignis, tampaknya banyak menarik pengamat dan media otomotif dunia. Mobil yang terlihat sangat ‘urban’ ini berhasil masuk ke dalam nominasi World Car Of The Year 2017 untuk kategori Urban Car. Untuk bisa dinilai oleh para juri WCOTY di kategori mobil urban, kontestan harus memiliki panjang tidak lebih dari empat meter. Ignis yang baru diluncurkan di Eropa saat gelaran Paris Motor Show 2016 ini baru mulai dipasarkan di Eropa pada bulan Januari 2017 kemarin.

Ada beberapa hal yang membuat Ignis berhasil maju ke babak final, yaitu visibilitas yang baik, dimensi yang kompak namun memiliki interior yang cukup lega untuk ukuran city car, ruang bagasi yang cukup mengakomodir, dan desain eksterior yang dinilai cukup bagus. Untuk fiturnya, mobil ini dinilai cukup lengkap terutama pada varian yang disebut SZ5, yang memiliki fitur keselamatan canggih, yaitu stereo camera untuk mendeteksi jarak antara mobil dan objek di sekelilingnya serta tambahan lane departure warning.

Siap Dipasarkan di Indonesia

City car ini dalam waktu dekat juga akan turut bertempur di dunia otomotif nasional. Setelah diperkenalkan pertama kali saat GIIAS Agustus 2016 lalu, Suzuki Indomobil Sales kabarnya (SIS) siap merilis mobil ini di Indonesia bulan Maret 2017 nanti. Spesifikasi detailnya memang masih dirahasiakan oleh SIS, tapi kemungkinan besar, mobil ini akan memiliki mesin yang sama, Dualjet 4 silinder berkapasitas 1200 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 90 ps dengan penggerak depan, karena di beberapa negara Suzuki menyediakan Ignis yang memiliki penggerak empat roda yang disebut Allgrip, dan pilihan mesin SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Beginilah interior Suzuki Ignis. Bagaimana pendapat Anda mengenai head unitnya?

Untuk menjadi mobil terbaik di kategori Urban Car, Ignis akan bersaing dengan tiga kontestan lain, yaitu BMW i3, Citroen C3 dan Ford Ka+. Sebelumnya, para juri juga sempat memasukkan Smart Brabus dan Suzuki Baleno, namun kedua mobil tersebut gagal masuk ke putaran final. Pengumuman peraih gelar World Car Of The Year 2017 akan diselenggarakan bertepatan dengan New York Auto Show 2017 yang akan datang.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY