Pemerintah Akan Libatkan Toyota dan Daihatsu Untuk Urusan Mesin Mobil Pedesaan

Pemerintah Akan Libatkan Toyota dan Daihatsu Untuk Urusan Mesin Mobil Pedesaan

739
0
BERBAGI
Daihatsu F-Concept, salah satu contoh konsep mobil pedesaan yang muncul di IIMS 2010 (Foto: Tribun)

Rencana Pemerintah untuk mengembangkan mobil pedesaan mencapai babak baru. Sebelum ini, Pemerintah telah menggelar kontes untuk mencari desain mobil pedesaan yang sesuai dengan karakter masyarakat pedesaan di Indonesia.

Rencananya, purwarupa mobil pedesaan akan mulai diperkenalkan pada bulan Agustus 2017 mendatang. Meski didesain oleh putra bangsa, mobil pedesaan disebut masih akan mendapat dukungan produsen luar untuk perkara mesin.

Toyota dan Daihatsu Bakal Garap Mesinnya

Menurut I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Pemerintah akan mengajak sejumlah produsen untuk bekerjasama, termasuk Toyota dan Daihatsu untuk memasok bagian mesin.

Toyota siap bantu produksi mobil pedesaan (foto : Toyota Indonesia Manufacturing)

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa keputusan mengenai siapa yang akan memasok mesin masih berupa wacana, namun pihak Toyota dan Daihatsu telah menyampaikan dukungan mereka. Selama ini, kedua perusahaan asal Jepang itu sudah dikenal mempunyai kapasitas dalam dunia otomotif Indonesia, sehingga komponen kritikal seperti mesin dan transmisi besar kemungkinan ditangani oleh keduanya, karena sumber daya di Indonesia masih belum memungkinkan untuk memproduksinya sendiri.

Keterlibatan Pihak Lain

Ilustrasi mobil pedesaan dari Tata (Foto: Viva)

Dalam pengembangan mobil pedesaan, Pemerintah tak hanya melibatkan
produsen otomotif saja, namun juga sejumlah pihak seperti pemerintah daerah, SMK, pihak Universitas dan pabrik perakitan lokal alias karoseri. Nantinya, mobil pedesaan akan dibuat dengan menggunakan komponen lokal mencapai 100 persen dan dijual pada kisaran Rp 60 juta.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY