VW: Tak Ada Lagi Downsizing Mesin!

VW: Tak Ada Lagi Downsizing Mesin!

185
0
BERBAGI
VW dikabarkan akan kembali melakukan upsizing atas mesin-mesinnya (Foto: carwow)

Belakangan ini, banyak pabrikan otomotif yang memilih untuk melakukan downsizing mesin pada produk terbarunya. Mereka memilih untuk memangkas kubikasi mesin dengan tujuan untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit, namun sekaligus menaikkan tenaganya melalui penambahan perangkat seperti turbocharger. Contoh terdekat, Honda CR-V yang biasa kita kenal berkapasitas 2.000 cc dan 2.400 cc kini di downsizing menjadi 1.500 cc dengan tambahan turbo.

Meskipun Volkswagen (VW) juga melakukan hal serupa beberapa tahun terakhir, namun pabrikan asal Jerman itu dikabarkan mulai menghindari praktek downsizing mesin. Sebagai contoh, VW telah melepas Golf Mk7 facelift yang kini mesinnya naik 100 cc, dari 1.400 cc menjadi 1.500 cc turbo TSI evo. Ada apa ya?

Tren Downsizing Telah Mati

Menurut petinggi VW, Dr. Herbert Diess, saat kapasitas mesin diperkecil, kadar emisi justru naik. Jika merujuk pada tes New European Driving Cycle (NDEC), banyak hasil uji yang tidak realistis karena para pabrikan cenderung melakukan sejumlah ‘penyesuaian’ untuk mendapatkan angka yang bagus. Tapi tetap saja, emisi yang dihasilkan bisa 12 kali lebih tinggi dari ambang batas.

Dr. Herbert Diess menyatakan bahwa tren downsizing mesin akan segera berakhir (Foto: carconnection)

Hal inilah yang membuat VW berkeyakinan bahwa tren downsizing sudah mati. Tamat. Tak hanya VW, sejumlah produsen lain juga dikabarkan mulai berencana untuk segera meningkatkan kapasitas silinder dari mesin-mesin terkecil yang mereka produksi. Meski begitu, VW mengaku akan tetap mempertahankan mesin 1.000 cc 3 silinder turbonya karena dirasa masih kompeten. Sebagai informasi, mesin tersebut bisa dijumpai di VW Polo.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY