Pabrik Baru Mitsubisi di Jawa Barat Bisa Produksi 160 Ribu Unit Per...

Pabrik Baru Mitsubisi di Jawa Barat Bisa Produksi 160 Ribu Unit Per Tahun!

752
0
BERBAGI
Pajero Sport adalah salah satu model SUV yang menjadi favorit di masyarakat Indonesia (foto : Ototaiment)

Pabrik baru Mitsubishi khusus untuk perakitan mobil penumpang saat ini masih sedang pengerjaan. Pabrik yang berlokasi di GIIC, Deltamas, Bekasi, Jawa Barat ini dijadwalkan selesai pada bulan April 2016 nanti. Menurut keterangan Director of Human Resource and GA Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, Prianto mengatakan pabrik tersebut berkapasitas produksi 160.000 unit per tahun. “160.000 dan masih bisa ekspansi. Itu (produksi) untuk Pajero dan New MPV (multi purpose vehicle),” kata Prianto.

Prianto juga menjelaskan bahwa kehadiran pabrik baru milik Mitsubishi ini nantinya akan fokus pada pengerjaan mobil penumpang, Pajero Sport dan MPV baru Mitsubishi yang berbasis pada XM Concept. Nantinya, produksi Pajero Sport akan mengikuti kebutuhan pasar dalam negeri, dengan mengacu penjualan pada tahun 2016. Lalu untuk MPV yang berbasis XM Concept saat ini sudah memasuki tahap percobaan produksi. Untuk ke depannya, unit ini tidak hanya diproduksi untuk pasaran dalam negeri saja, tetapi juga menyasar negara-negara di ASEAN.

Pajero Sport 37% Komponen Lokal

Setelah pabrik baru Mitsubishi beroperasi, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia menargetkan Produksi Pajero Sport yang mengandung 37% komponen lokal Indonesia. Director of Human Resource and GA Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, Prianto mengaku sudah melaporkan hal tersebut kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto. “Komponen dalam negeri (Pajero Sport) di awal 37% dan akan terus berkembang. Target setinggi mungkin,” kata Prianto.

Mitsubishi All New Pajero Sport raih nilai bagus di ASEAN NCAP. Apakah nanti jika sudah diproduksi di Indonesia, Pajero Sport masih bisa ‘aman’? (Foto: ASEAN NCAP)

Penggunaan komposisi lokal ini menurut Mitsubishi akan memunculkan beberapa keuntungan, salah satunya adalah Mitsubishi bisa menjaga harga jual di tengah fluktuasi nilai Rupiah terhadal Dolar Amerika Serikat. “Kalau nggak (komponen lokal), mau nggak mau akan tinggi harga. Kalau impor kita pakai US Dollar,” jelas Prianto. Selain itu, penggunaan komponen lokal juga akan mendukung program pemerintah untuk sekecil mungkin menggunakan komponen impor untuk pasar dalam negeri. Penggunaan komponen lokal juga bisa menekan penggunaan devisa, karena hanya untuk mengimpor komponen yang tidak tersedia di Indonesia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY