Lama Tak Terdengar, Apa Kabar Esemka?

Lama Tak Terdengar, Apa Kabar Esemka?

1883
1
BERBAGI
Prototipe Esemka Rajawali (id.wikipedia.org)

Lama tak terdengar kabarnya, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (Esemka) mengaku masih terus menjalankan proyek pengembangan pikap pedesaan Esemka. Padahal, sebelumnya Esemka berencana meluncurkan mobil ini pada tanggal 19 Agustus 2016. Wah, cukup lama juga ya molornya?

Menurut Managing Director Esemka, Hosea Sanjaya, keterlambatan proyek ini sebenarnya hal yang biasa. Dirinya mengaku tidak ada kendala dan proyeknya sendiri masih berjalan walaupun memang tidak sesuai jadwal. Hosea mengaku tidak bisa menjelaskan ada permasalahan apa yang membuat Esemka terlambat launching. Namun yang pasti, Esemka mengaku sudah mencapai tahap 80 persen dari total masterplan mereka.

Investasi

Lebih lanjut, Hosea mengatakan bahwa untuk membangun sebuah industri massal yang berkelanjutan memang bukan perkara mudah, karena melibatkan penanaman modal dalam negeri, pemodal lain, keterangan produk, hingga legislasi merek Esemka. Esemka juga tak mau dicap sebagai proyek tidak jelas, karena mereka telah menanamkan investasi awal sebesar Rp 1,4 triliun untuk pembangunan industri otomotif berprioritas pada kendaraan niaga pedesaan.

Esemka berinvestasi sebesar Rp 1,4 triliun untuk membangun pabrik (Foto: indoplaces)

Alokasinya, dari dana tersebut telah disiapkan lahan industri sekitar 35 ha di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Nantinya pabrik ini diharap bisa memproduksi sebanyak 30 ribu unit kendaraan per tahun dengan proyeksi memenuhi kebutuhan domestik maupun ekspor. Selanjutnya, Esemka juga akan melakukan pengembangan karoseri dan komponen dalam negeri.

Fokus Produk

Untuk saat ini, Esemka akan fokus pada segmen pikap serbaguna, baik model kabin tunggal maupun kabin ganda. Keduanya akan ditawarkan dalam dua pilihan mesin berkode ADIA 1.0-liter dan 1.3-liter DOHC, berbahan bakar bensin atau solar. Nantinya Esemka juga akan dikejar untuk bisa mencapai kemampuan produksi secara mandiri, terutama untuk komponen krusial seperti mesin dan transmisi. Esemka akan menggandeng mitra strategis dari manapun agar rencana itu bisa terlaksana.

Mobil Esemka saat dipamerkan di Solo Techno Park (Foto: Viva)

Tak berhenti di produk, Esemka juga tengah mempersiapkan jaringan penjualan hingga purna jual resmi. Langkahnya panjang, seperti misalkan membuka kerjasama dengan perusahaan pembiayaan hingga asuransi kendaraan untuk layanan purna jual. Esemka menetapkan garansi 3 tahun atau 60.000 Km bagi setiap produknya, disertai berbagai program layanan purna jual lain seperti mobil servis dan mobil pengganti.

1 KOMENTAR

  1. Ya bolehlah untuk saat ini pickup dulu tapi kedepannya bisa nggak ya ? buat mobil penumpang kayak Sedan dan SUV , Esemka ?

LEAVE A REPLY