Keren, Nissan Rancang Mobil Van yang Bisa Offroad!

Keren, Nissan Rancang Mobil Van yang Bisa Offroad!

524
0
BERBAGI
Nissan NV Cargo X (foto : Digital Trends)

Dari banyak berita yang dirilis oleh media otomotif internasional, dalam beberapa tahun belakangan ini Nissan dikabarkan tengah melakukan banyak eksperimen pada model kendaraan minibusnya. Salah satu model yang menjadi proyek eksperimen Nissan adalah minibus Nissan NV Cargo. Proyek kendaraan minibus ini diberi nama Nissan NV Cargo X, dan rencananya akan ditawarkan untuk perusahaan ekspedisi.

Mobil ini dirancang Nissan untuk bisa melalui medan offroad yang berat, dan memiliki kemampuan setara dengan kendaraan-kendaraan offroad lainnya. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan sistem penggerak empat roda layaknya mobil offroad sejati pada umumnya. Model seperti ini tentu saja tidak banyak diaplikasikan oleh para produsen minibus yang lainnya.

Mesin Besar, Ground Clearance Tinggi

Karena mobil ini ditujukan untuk melewati medan offroad berat, maka tidak heran jika Nissan NV Cargo X ground clearance yang jauh lebih tinggi dari model NV Cargo standar. Ground cleareance yang meninggi akibat aplikasi suspensi yang lebih tinggi dari versi standarnya, agar mobil ini bisa melewati trek offroad dengan aman. Di bagian eksterior, mobil ini juga dilengkapi dengan perangkat pendukung offroad seperti winch depan.

Sistem penggerak 4WD, dengan kaki-kaki mumpuni, sepertinya mobil ini sangat layak dibawa offroad ekstrim (foto : Digital Trends)

Jika kemampuan bodi dan suspensi sudah mendukung untuk offroad tetapi tidak didukung dengan kempuan mesin yang mumpuni maka mobil ini tidak akan jadi apa-apa. Menurut berita yang dirilis oleh Digital Trends, mobil ini akan memiliki mesin besar dengan konfigurasi V8 turbo diesel berkapasitas 5000 cc milik Nissan Titan XD, dan juga ada pilihan mesin turbo diesel V8 berkapasitas 5600 cc. Jika mobil ini benar-benar jadi diproduksi massal dan masuk ke Indonesia, mungkin mobil ini bisa jadi pilihan para perusahaan pertanian dan tambang yang ada di pedalaman Indonesia. Tetapi, jika masuk Indonesia dengan spek mesin yang sama, bisa anda bayangkan sendiri berapa besar pajak yang harus dibayarkan oleh pemiliknya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY