Selain dengan GM, Honda Juga Jalin Kerjasama dengan Hitachi

Selain dengan GM, Honda Juga Jalin Kerjasama dengan Hitachi

295
0
BERBAGI
Honda Motor President, CEO and representative director Takahiro Hachigo (kanan) dan Hitachi Automotive Systems President and CEO Hideki Seki (kiri) pada acara press conference yang diadakan hari Selasa, 7 januari 2017. (foto : AFP Photo / Kazuhiro Nogi)

Honda sepertinya sedang gencar mempersiapkan bisnis otomotifnya untuk masa depan. Selain sedang bekerja sama dengan General Motors (GM) terkait pengembangan teknologi mobil berbahan bakar hidrogen (fuel cell), saat ini dikabarkan bahwa Honda juga akan menjalin kerjasama dengan Hitachi. Eits, jangan salah, Honda dan hitachi bukannya akan memproduksi kompor gas, tetapi mereka sedang bekerjasama untuk mengembangkan mesin listrik untuk mobil.

Honda Motor Co Ltd dan unit otomotif Hitachi Ltd mengatakan akan membentuk usaha patungan untuk mengembangkan, memproduksi, dan menjual mesin untuk mobil listrik.
Kerja sama ini akan memiliki fungsi penjualan dan manufaktur di Amerika Serikat, China dan Jepang. Sebanyak 51 persen dari usaha patungan itu akan dimiliki oleh Hitachi Automotive System dan 49 persen oleh Honda. Kemitraan ini akan dibentuk pada Juli mendatang.

Trend Kerjasama Perusahaan Otomotif dan Perusahaan Elektronik

Kerjasama lintas perusahaan seperti ini tampaknya memang sedang ngetren. Para perusahaan otomotif tampaknya berlomba-lomba untuk bisa menjadi yang paling unggul dalam menciptakan kendaraan masa depan. Kadang, SDM di perusahaan otomotif sendiri belum bisa mencukupi, oleh karena itu bekerjasama dengan perusahaan lain yang sudah ahli dalam bidangnya adalah pilihan yang cukup masuk akal.

Kerjasama antara GM dan Honda untuk menciptakan mesin bertenaga hidrogen (foto : Fox News)

Selain Honda dan Hitachi, tahun lalu Volkswagen dan perusahaan Tiongkok Anhui Jianghuai Automobile juga mengumumkan kerja sama untuk menciptakan mobil listrik bersama. Kedua perusahaan telah menandatangani nota kesepahaman di kantor pusat Volkswagen di Wolfsburg guna menjajaki kemungkinan membentuk perusahaan patungan yang berfokus pada penelitian dan pengembangan, produksi dan penjualan kendaraan dengan energi yang dapat diperbarui.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY