VW Akan Hentikan Produksi Mesin Diesel Berkapasitas Kecil

VW Akan Hentikan Produksi Mesin Diesel Berkapasitas Kecil

347
0
BERBAGI
VW Polo akan mendapatkan mesin hybrid untuk menggantikan mesin dieselnya (Foto: Autoexpress)

Meskipun sempat tersandung kasus emisi yang menimpa mobil bermesin dieselnya, namun Volkswagen (VW) masih tetap memproduksi banyak mesin diesel, termasuk yang berkapasitas kecil seperti milik Polo misalkan.

Namun, banyak kalangan memprediksi VW akhirnya bakal menyerah juga. Kabar terbaru menyebutkan bahwa VW berencana menyudahi pembuatan mesin diesel berkapasitas kecil dan menggantinya dengan mesin hybrid. Apa sebabnya?

Dinilai Tidak Ekonomis

Menurut VW, keputusan ini diambil karena mesin diesel kapasitas kecil dinilai tak lagi ekonomis akibat tingginya biaya pengembangan untuk memenuhi regulasi emisi Uni Eropa pada 2020. Ketimbang berboros dana untuk meriset mesin yang susah memenuhi standar, maka lebih masuk akal jika VW menghentikan pengembangannya dan beralih ke hybrid. Volkswagen juga sudah mengonfirmasi bahwa Polo generasi terbaru yang rencananya akan rilis di Eropa tahun ini bakal menjadi yang terakhir menerima mesin diesel 1.600 cc turboc 4-silinder.

VW Up! jadi salah satu yang bakal kebagian mesin hybrid baru (Foto: carbuyer)

Menurut Dr. Frank Welsch selaku penanggungjawab divisi pengembangan Volkswagen, usia mesin diesel kecil 3 dan 4 silinder akan bertahan hingga 5 tahun lagi. Nantinya, mesin itu akan digantikan oleh mesin hybrid bensin, termasuk tipe 1.500 cc turbo yang dipakai pada Golf terbaru. Untuk tahun 2021 nanti, VW mengaku akan memberikan motor listrik 12 dan 48 volt untuk Polo dan Up!. Langkah ini dianggap sebagai solusi terbaik untuk menggantikan mesin diesel.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY