Solar Jenis Apa yang Cocok Untuk Ertiga Diesel Hybrid?

Solar Jenis Apa yang Cocok Untuk Ertiga Diesel Hybrid?

542
0
BERBAGI
Suzuki Ertiga Diesel Hybrid (Foto: indowarta)

Tak puas dengan Ertiga konvensional, PT Suzu‎ki Indomobil Sales (SIS) kemudian melepas Ertiga Dreza untuk menambah lini MPV-nya. Masih kurang, varian baru Ertiga bermesin diesel hybrid juga telah meluncur baru saja. Mobil ini praktis menjadi satu-satunya pemain di segmen low MPV yang bermesin diesel setelah Chevrolet mengakhiri kiprah Spin di Indonesia.

Suzuki Ertiga diesel hybrid diketahui menggunakan mesin diesel berkapasitas 1.300 cc DOHC dan teknologi Diesel Direct Injection System (DDiS). Tenaga yang dihasilkan sebesar 89 PS dan torsi 200 Nm. Melihat sejumlah pilihan bahan bakar solar yang ada di Indonesia, manakah yang paling cocok untuk digunakan pada Ertiga diesel hybrid ini?

Sesuai Standar Bahan Bakar di Indonesia

Menurut ‎Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel‎, mesin Diesel yang digunakan Ertiga diesel hybrid telah disesuaikan dengan standar bahan bakar di Indonesia. Dirinya merekomendasikan solar minimal centane number 51 (Pertamina Dexlite), meskipun memang lebih baik lagi jika menggunakan centane number 53 (Pertamina Dex).

Solar jenis apa yang cocok untuk Ertiga Diesel Hybrid? (Foto: Otodriver)

Namun, jika melihat habit masyarakat Indonesia yang terkadang cuek dengan jenis bahan bakar yang direkomendasikan, muncul pertanyaan klasik: bolehkah diisi solar dengan centane 48‎ (Bio Solar) yang memiliki kandungan sulfur paling tinggi yaitu mencapai 3.500 ppm (part per milion)?. Menurut Marketing Director PT SIS, Donny Ismi Sahputra‎, Suzuki Ertiga diesel hybrid bisa saja minum solar dengan centane number di bawah 51, namun dirinya tidak menyarankan karena garansi berlaku untuk pengisian solar minimal centane number 51.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY