6 Tips Memaksimalkan Impresi Test Drive Saat Akan Membeli Mobil Baru

531
0
BERBAGI

Bagi anda yang berencana untuk membeli mobil baru, pasti punya keinginan untuk mencobanya lebih dulu. Salah satu cara untuk mencoba mobil yang ingin anda beli adalah dengan meminta test drive kepada dealer. Berikut ini ada beberapa tips agar anda bisa memaksimalkan impresi terhadap mobil yang akan dibeli saat melakukan test drive dalam waktu yang sangat sempit.

1. Pelajari Spesifikasi Mobil yang Akan Anda Coba

Sebelum anda melakukan test drive, anda harus lebih dulu mempelajari spesifikasi mobil yang akan dicoba. Pahami dengan baik, dan jika ada yang tidak anda pahami, tanyakanlah pada wiraniaga yang bertugas. Jadi saat mulai test drive, anda bisa mengetes semua fitur dan spesifikasinya. Jika anda memiliki waktu lebih, ada baiknya anda melihat atau membaca dulu hasil reviewnya di media-media otomotif terkemuka.

2. Cek Eksterior & Interior dengan Seksama

Ssempatkanlah untuk memeriksa penampakan mobil dengan seksama. Pastikan desain ekteriornya benar-benar sesuai dengan ekspetasi anda. Setelah itu, cek juga bagian interiornya sambil memeriksa kelengkapan fitur yang ditawarkan. Jika perlu, anda juga bisa mengecek bagian bagasi, apakah kapasitasnya sudah sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak. Jika ada hal yang anda ragukan, segera tanyakan pada wiraniaga yang mendampingi anda, karena di beberapa kasus, tak jarang spesifikasi yang tertera di brosur berbeda dengan kenyataannya.

3. Masuk ke Ruang Kemudi.

Jika anda akan membeli mobil untuk anda kendarai sendiri, pastikan kenyamanan mengemudi bisa anda dapatkan secara maksimal. Sebelum melakukan test drive, aturlah tempat duduk, setir mobil dan spion agar posisinya pas dengan postur tubuh anda. Hal ini diperlukan agar kenyamanan mengemudi anda didukung pula dengan visibilitas terbaik. Jika seluruh pengaturan dan posisi sudah anda coba dan tetap tidak bisa merasa nyaman maksimal, maka kemungkinan besarnya adalah ruang kemudi mobil itu memang tidak cocok dengan postur badan anda.

4. Berkendaralah dengan Normal dan Waspada

Setelah seluruh persiapan dilakukan, kini saatnya untuk memulai test drive. Cobalah kendaraan yang anda pilih dengan cara mengemudi yang normal. Sebaiknya anda jangan mengemudikannya dengan cara ugal-ugalan dan sembarangan, karena dengan cara mengemudi seperti itu bisa saja anda malah tidak merasakan performa aslinya.

5. Rasakan Performanya

Biasanya, dealer sudah memiliki jalur sendiri untuk melakukan test drive. Jalur ini seharusnya bisa mewakili seluruh kondisi jalan yang ada. Misalkan jalan turunan, naik, menikung tajam, aspal rusak dan berbagai macam kondisi jalan lainnya. Sebaiknya anda benar-benar merasakan performanya di setiap kondisi jalan yang anda lalui, agar anda dapat mengetahui bagaimana rasanya ketika mobil itu melewati berbagai kondisi jalan. Rasakan kekuatan mesinnya, rasakan kenyamanan kaki-kakinya, bahkan jika anda bisa, rasakan juga bantingan sasis dan bodinya.

6. Aktifkan Seluruh Fiturnya

Setelah puas merasakan performa berkendaranya, kini saatnya menguji fitur-fitur yang ditawarkan oleh mobil yang anda coba. Anda bisa tes semua fitur yang ada di dalam interior, baik fitur hiburan maupun fitur-fitur keamanannya. Pada sektor hiburan contohnya, misalkan produsen menawarkan banyak fitur pada head unitnya, maka cobalah semua agar anda tahu apakah semuanya berfungsi dengan semestinya. Penting juga untuk mengetahui bahwa fitur keamanan yang ditawarkan juga bisa berfungsi dengan maksimal. Misalkan produsen menawarkan rem dengan ABS, cobalah mengetesnya dengan melakukan rem mendadak, tentu saja di jalanan yang lengang atau lapangan tertutup agar anda dapat merasakan apakah fiturnya benar-benar berfungsi atau tidak. Jika kurang paham, mintalah penjelasan pada wiraniaga yang bertugas bagaimana cara memfungsikan semua fiturnya.

Setelah anda selesai mencoba dan merasakan mobil yang akan anda beli, maka keputusan selanjutnya ada di tangan anda. Jika anda merasa benar-benar cocok, silahkan lanjutkan transaksi. Tetapi jika anda merasa tidak cocok, maka jangan sungkan untuk membatalkannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY