Proton Iriz Meluncur di Indonesia 18 Februari 2017!

Proton Iriz Meluncur di Indonesia 18 Februari 2017!

664
0
BERBAGI
Sebenarnya, dari segi desain mobil ini terlihat tidak terlalu menarik, alias biasa saja (Foto: Kompas)

Simpang-siur kabar peluncuran Proton Iriz akhirnya mulai menunjukkan titik terang. Jika sebelum ini sempat beredar kabar bahwa Proton akan meluncurkan Iriz di pertengahan 2017, maka kali ini Iriz disebut bakal meluncur di Indonesia secara resmi pada tanggal 18 Februari 2017.

Meskipun masih beberapa minggu lagi, namun Proton Edar Indonesia (PEI) selaku distributor Proton di Indonesia telah memperkenalkan mobil ini di Sentul, Jawa Barat hari Kamis lalu (9/2/2017). Seperti apakah spesifikasi mobil penantang Daihatsu Sirion ini?

Hadir dalam Satu Pilihan Mesin Saja

Jika melihat spesifikasi mobil ini di Malaysia, maka ada dua mesin yang ditawarkan, yakni 1.3L dan 1.6L. Untuk pasar Indonesia, maka pilihan mesinnya hanya tersedia dalam kapasitas 1.3L saja yang tenaganya mencapai 94 hp dengan torsi 120 Nm. Transmisinya tersedia dalam pilihan manual dan CVT.

Proton Iriz di Indonesia hanya tersedia dalam pilihan mesin 1.3L (Foto: Kompas)

Alasan PEI hanya menghadirkan mesin 1.3L salah satunya adalah pertimbangan pajak. Merujuk pasal 2 ayat 3 pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 41 tahun 2013 terkait PPnBM, dikatakan bahwa mobil (non-sedan) dengan kapasitas mesin 1.500 – 2.500 cc dikenakan pajak 20 persen. Sementara untuk mobil bermesin di bawah 1.500 cc hanya 10 persen. Namun, jika nantinya permintaan pada mesin 1.6L cukup banyak, maka bukan tak mungkin PEI juga akan menghadirkannya.

Uang Muka Rp 2 Juta

Bagi Anda yang tertarik, pemesanan mobil ini sudah dibuka dan Anda cukup menyetor uang muka sebesar Rp 2 – 5 juta. PEI bahkan telah memajang unit Iriz di dilernya agar memudahkan konsumen untuk mencari tahu jika memang tertarik pada mobil ini.

Penampakan Proton Iriz di Jakarta (Foto: Otodriver)

Menurut PEI, saat ini stok Iriz di Indonesia sudah mencukupi untuk penjualan selama tiga bulan. Kalaupun kurang, proses impor dari Malaysia terbilang cepat dan tak sampai sebulan, sehingga PEI cukup optimis akan ketersediaan mobil ini nanti.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY