Mobil Buatan Amerika Tidak Laku di Jepang

Mobil Buatan Amerika Tidak Laku di Jepang

437
0
BERBAGI
Detroit Big Three (sumber : Pay 4 Advertising)

Untuk meningkatkan volume produksi dan penjualan mobil buatan Amerika Serikat, presiden baru Amerika, Donald Trump ingin menjual mobil-mobil hasil produksi Amerika untuk bisa dijual di semua negara, termasuk Jepang. Namun impian Trump tidak bisa dengan mudah diwujudkan, mengingat popularitas mobil Amerika di dunia masih jauh di bawah mobil buatan Jepang.

Di Amerika sendiri saat ini lebih banyak mobil-mobil buatan Jepang yang berseliweran di jalanan dibandingkan mobil buatan Amerika sendiri. Sama halnya dengan di Jepang, mobil-mobil buatan Amerika sangat tidak populer karena sejak dulu sudah memiliki image sebagai mobil yang boros dan berharga mahal. Tidak heran jika permintaan mobil Amerika di negara-negara Asia sangat kecil jumlahnya, berbeda dengan mobil-mobil buatan Jepang yang terkenal irit dan handal, juga memiliki harga yang tidak terlalu mahal.

Jepang Masih Menang di Amerika

Mobil Amerika sendiri mengalami kekalahan telak terhadap mobil Jepang di rumahnya sendiri, apalagi di Jepang. Misalnya tahun 2016 kemarin, hampir 5 juta unit mobil dijual di Jepang namun hanya 15.000 unit merupakan mobil buatan AS. Itu menjadi ironi, karena diler Toyota di California menjual lebih banyak lagi pertahunnya. Eksekutif Direktur Asosiasi Importir Mobil Jepang, Kenji Kobayashi meyakini produsen mobil AS tidak terlalu dihargai di Jepang.

Toyota lambat laun menjelma menjadi mobil yang sangat populer di dunia, termasuk Amerika (foto : Autonews)

Banyak orang yang melihat mobil AS tidak seperti mobil Jepang yang handal namun hemat BBM, walaupun tidak sepenuhnya benar. “Mobil Amerika memiliki image yang buruk, mereka tidak hemat BBM. Padahal tak sepenuhnya itu benar, tapi diler-diler tidak berusaha meyakinkan konsumen. Saya pernah melihat iklan di TV namun saat pergi ke pameran mobil mereka tidak ada,” kata salah seorang warga Jepang yang memiliki mobil Amerika, Ford.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY