Renault-Nissan Minta Pemerintah Perancis Lepas Sahamnya di Renault

Renault-Nissan Minta Pemerintah Perancis Lepas Sahamnya di Renault

353
0
BERBAGI
Renault-Nissan Alliance adalah salah satu contoh kerjsama antar pabrikan otomotif (Foto: Speedlux)

Renault dan Nissan yang sudah beraliansi selama beberapa waktu belakangan ini menyatakan kesiapannya untuk menapaki tingkat baru dalam hubungan kerjasamanya. Tetapi sayangnya ada sedikit konflik yang terjadi di dalam perusahaan dan berkaitan dengan kepemilikan saham. Sebagai syarat untuk menapaki kerjasama yang lebih serius, Renault-Nissan meminta pemerintah Perancis untuk menjual saham yang dimilikinya di Renault.

Pernyataan ini dilemparkan oleh CEO Nissan, Carlos Ghosn sebagai puncak dari perebutan kekuasaan yang mulai memanas sejak April 2015 lalu. Waktu itu, Pemerintah Prancis meningkatkan sahamnya di Renault dari 15% menjadi 20%. Apakah mungkin Carlos Ghosn berambisi untuk merebut kekuasaan Renault-Nissan dari tangan pemerintah Perancis? Mungkin saja.

Nissan Tunggu Pemerintah Perancis Keluar

Nissan sepertinya sangat serius dengan pernyataan ini. Ghosn menyatakan bahwa Nissan tidak akan mengambil atau menerima langkah apapun terkait dengan struktur modal selama pemerintah Perancis masih ada di dalam struktur kepemilikan modal Renault. Ghosn juga menambahkan, selama Pemerintah Prancis masih menjadi pemegang saham Renault, maka aktivitas aliansi tidak akan mengalami perkembangan secara signifikan.

CEO Nissan Carlos Ghosn (kiri) dan Presiden Mitsubishi Motors Osamu Masuko (kanan). Menjual saham kepada Nissan adalah salah satu cara Mitsubishi untuk menyelamatkan perusahaan (foto : Nikkei)

Aliansi ini telah dijalin selama 18 tahun, dan terikat oleh kepemilikan saham silang antara Nissan dan Renault. “Kalau Perancis memutuskan melepas saham semuanya akan terbuka,” ujar Ghosn. Nissan memang sepertinya sedang bernafsu untuk menguasai dunia otomotif dunia, selain ingin menguasasi Renault, Mitsubishi saat ini juga sudah berada di bawah kendali Nissan, karena Nissan sudah membeli saham Mitsubishi dalam jumlah yang besar tahun lalu.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY