18 Tahun Puasa Gelar WRC, Toyota Raih Kemenangan dengan Yaris

18 Tahun Puasa Gelar WRC, Toyota Raih Kemenangan dengan Yaris

143
0
BERBAGI
Toyota meraih kemenangan perdana di WRC setelah 18 tahun absen (Foto: Carscoops)

Setelah 18 tahun Toyota absen dari ajang balap reli bergengsi World Rally Championship (WRC), akhirnya pabrikan asal Jepang itu meraih kemenangan perdana di ajang tersebut melalui Yaris WRC yang telah dipamerkan sebelumnya di Paris Motor Show 2016 lalu.

Mobil yang digarap oleh Toyota Gazoo Racing dan Toyota Motorsport GmbH ini ditunggangi oleh pebalap Finlandia Jari-Matti Latvala dalam Reli Swedia WRC balapan kedua, Minggu (12/2/2017). Latvala saat ini memimpin memimpin klasemen mengungguli duet pebalap Ford, Sebastien Ogier dan Ott Tanak yang menggunakan Ford Fiesta.

Ajang Pembuktian

Selain menjadi ajang pembuktian diri bagi Toyota setelah lama puasa gelar, ajang ini juga menjadi pembukatian bagi Latvala yang tetap berjaya meski tanpa Volkswagen yang memutuskan cabut dari WRC mulai tahun ini. Pencapaian yang diraih ini juga cukup emosional menurut Latvala: ”Sangat menyenangkan. Tim baru, mobil baru, dan balapan kedua kami menang. Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkannya, karena saat ini menjadi momen emosional. Kami ada di level yang baik, dan kami harus terus melaju karena akan semakin sulit”.

Latvala mengaku kemenangan ini terbilang emosional, karena melibatkan tim yang ingin bangkit (Foto: rallyemagazin)

Tak hanya adu kuat dengan Ford, untuk tahun ini Toyota juga berhadapan dengan tim Hyundai Motorsport yang diperkuat oleh Thierry Neuville dan Dani Sordo dengan Hyundai i20. WRC tahun ini menantang mobil dan pebalapnya untuk beraksi di area bertemperatur tinggi dan jalanan yang lebih ekstrem. Bulan Maret nanti balapan akan dilanjutkan dengan nama Rally Guanajuato yang akan berlangsung di Meksiko, 9 – 12 Maret.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY