Xenia dan Livina Mulai Ditinggalkan Konsumen Mobil Bekas

Xenia dan Livina Mulai Ditinggalkan Konsumen Mobil Bekas

1555
0
BERBAGI
Daihatsu Great New Xenia saat pertama diperkenalkan tahun 2015 lalu (Foto: ototaiment)

Konsumen kendaraan di Indonesia tidak melulu mengidolakan mobil baru, karena pasar mobil bekas dalam negeri masih menjadi jujugan bagi mereka yang ingin membeli mobil namun tidak memiliki cukup uang untuk membeli model terbaru.

Melihat perkembangan pasar otomotif dalam negeri, penjualan mobil bekas di tahun ini boleh dibilang tak terlalu berbeda dengan di tahun sebelumnya. Meskipun segmen mobil jenis MPV masih menjadi primadona di bursa mobil bekas, namun ternyata ada beberapa nama yang mulai kehilangan tajinya.

Xenia dan Livina Anjlok

Dua nama besar yang mulai jarang dilirik oleh konsumen mobil bekas adalah Daihatsu Xenia dan Nissan Grand Livina. Kedua mobil ini dianggap kalah diminati karena adanya Toyota Avanza. Secara kapasitas mesin pun Avanza lebih besar daripada Xenia. Biasanya, orang beranggapan kapasitas mesin yang lebih besar akan mempunyai imbas yang besar pada hal kenyamanan. Sementara Nissan Grand Livina bekas juga mengalami penurunan peminat karena kalah saing dibandingkan Honda Mobilio bekas. Menurut rata-rata konsumen, kabin yang lebih lapang dan harga jual yang stabil menjadi pertimbangan mereka lebih memilih Mobilio ketimbang Grand Livina.

Nissan Grand Livina bekas kurang peminat (Foto: Nissan)

Untuk urusan harga, sebagai contoh, Avanza Veloz bekas dibandrol sekitar Rp 175 jutaan untuk model terkini. Sedangkan untuk model dibawahnya, kisaran tahun 2014-2015, harganya masih di angka Rp 150 jutaan. Namun tentu saja kondisi, tahun dan tipenya juga menjadi faktor penentu harga.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY