5 Hal Penting yang Bisa Diketahui dari Buku Panduan Pemilik Kendaraan

227
0
BERBAGI

Bagi para pemilik mobil di Indonesia, membaca buku panduan pemilik kendaraan biasanya dianggap bukan suatu keharusan. Jadi tidak heran jika para pemilik mobil masih menanyakan banyak hal yang sebenarnya sudah dimuat pada buku panduan pemilik kendaraan. Buku tersebut sebenarnya mengandung banyak informasi terkait dengan kendaraan yang anda miliki dan tentu saja akan sangat merugikan jika anda tidak membaca buku tersebut. Berikut ini kami rangkumkan 5 hal penting yang bisa anda ketahui dari membaca buku panduan pemilik kendaraan mobil anda. 

1. Kapasitas Tangki dan Jenis Bahan Bakar

Hal ini memang terdengar sederhana, tetapi taukah anda bahwa kedua hal ini harus anda ketahui ketika baru saja membeli mobil ? Jadi ketika akan mengisi BBM untuk kendaraan anda, tidak lagi berdasarkan perkiraan, tetapi sesuai data resmi dari produsennya.  Di dalam buku manual kendaraan, Anda dapat menemukannya pada bagian informasi teknis dengan sub rekomendasi bahan bakar. Untuk mesin bensin biasanya akan tertulis minimal oktan atau Research Octane Number atau RON yang disarankan. Sedangkan untuk mobil bermesin diesel menggunakan satuan kualitas Cetane Number atau CN. Begitu juga dengan kapasitas maksimal tangki mobil anda, paling tidak, setelah anda tahu info ini, kejadian pengisian bahan bakar hingga tumpah atau kesalahan pengisian jenis bahan bakar tidak akan terjadi lagi.

2. Jenis dan Volume Pelumas Mesin

Selain bahan bakar, cairan lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah pelumas. Sama seperti bahan bakar, anda bisa mencari jenis dan volume pelumas yang diperlukan pada buku manual kendaraan. Informasi ini bisa dibaca di segmen informasi teknis dengan sub rekomendasi pelumas mesin. Biasanya jenis pelumas menggunakan istilah viskositas atau tingkat kekentalan, dengan contoh kode seperti 10W-30, 15W-40 atau jenis lainnya. Selain jenis pelumas, volume pelumas sebaiknya sesuai dengan anjuran agar tidak membuat mesin menjadi berat.

3. Fungsi Lampu Indikator

Ketika anda memutar kunci kontak anda ke arah on, maka akan ada berbagai lampu indikator yang hidup di dalam instrumen cluster. Hal seperti ini biasanya tidak diperhatikan dengan seksama, karena mungkin saja anda juga tidak mengerti apa arti dari indikator-indikator tersebut. Jika anda penasaran dengan arti dari indikator-indikator tersebut, bukalah kembali buku manual kendaraan anda. Di buku itu anda dapat mencocokkan simbol apa yang menyala dan apa yang menjadi penyebabnya, karena pada mobil-mobil yang sudah canggih, indikator ini juga digunakan untuk memberitahukan adanya suatu kerusakan pada mobil anda. Khusus untuk indikator tertentu, jika lampunya menyala biasanya direkomendasikan untuk mengunjungi bengkel resmi untuk mengatasinya.

4. Penjelasan Fitur-Fitur Di Mobil

Sebelum anda membeli mobil, anda pasti sudah mempelajari fitur-fitur apa saja yang ada pada calon mobil anda itu. Seperti misalnya fitur keselamatan berkendara macam Traction Control System, Vehicle Stability Assist atau Blind Spot Monitoring dan fasilitas keamanan sperti kunci dengan immobilizer. Tetapi sayangnya, fitur-fitur itu tidak akan terasa kegunaannya jika anda tidak tau kapan fitur itu harus diaktifkan dan bagaimana cara untuk mengaktifkannya. Oleh karenanya, di buku manual dijelaskan bagaimana cara mengaktifkan fitur-fitur tersebut satu per satu. Dengan mengetahui dan bisa menggunakan fitur-fiturnya, maka anda tidak akan merasa mubazir lagi telah mengeluarkan uang ratusan juta untuk membeli mobil dengan fitur-fitur unggulannya tersebut.

5. Lokasi Ban Cadangan Dan Toolkit

Kadang anda akan mengalami kondisi darurat yang harus anda atasi sendiri, seperti ban bocor di tempat yang jauh dari bengkel. Oleh karenanya akan sangat penting untuk mengetahui dimana letak ban cadangan dan kotak peralatan untuk mengganti ban.  Letak ban cadangan dan kotak peralatan ini bisa anda ketahui dari buku manual kendaraan anda. Ingat, letak ban cadangan dan kotak peralatan ini berbeda-beda pada tiap merk mobil.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY