Dipandang Sebelah Mata, Proton Yakin Masih Bisa Jual Mobil di Indonesia

Dipandang Sebelah Mata, Proton Yakin Masih Bisa Jual Mobil di Indonesia

482
0
BERBAGI
(Foto: caradvice)

Merk Proton di mata orang Indonesia memang tidak populer, bahkan imagenya cenderung negatif. Sebelum meluncurnya Proton Iriz ini, penjualan mobil merk Proton di Indonesia memang kurang bagus. Jika melihat data distribusi Gaikindo, pada tahun 2016 Proton hanya berhasil menjual 589 unit untuk seluruh model yang ditawarkan di Indonesia. Walau begitu, produsen mobil asal Malaysia ini tetap tidak gentar untuk menjual mobilnya di Indonesia.

“Rakyat Indonesia butuh mobil yang bagus, butuh mobil yang aman dan kalau kita jual barang bagus sudah semestinya rakyat Indonesia akan menerima mobil yang sama kualitasnya dengan yang hadir di China dan Jepang,” kata CEO Proton Holdings Berhad, Dato’ Ahmad Fuaad Kenali. Beliau juga menambahkan bahwa masyarakat Indonesia akan menghargai produk Proton yang dijual di pasaran Indonesia. “Saya rasa ini tidak menjadi masalah untuk masyarakat Indonesia, mereka akan menghargai produk yang kita jual di pasaran,” kata Dato’ Ahmad.

Proton Yakin Masih Digemari di Indonesia

Proton tercatat terakhir kali meluncurkan produknya di Indonesia pada tahun 2013 lalu sebelum akhirnya pada hari Sabtu, 18 Februari 2017 kemarin resmi meluncurkan hatchback Proton Iriz untuk pasar Indonesia. Walaupun masih banyak mendapat pandangan negatif di Indonesia, namun Proton yakin bahwa Indonesia memiliki potensi pasar yang bagus. “Kalau kita lihat dari segi kemampuan potensial market di Indonesia ini saya percaya Indonesia merupakan market yang Proton tidak bisa abaikan,” kata Dato’ Ahmad.

Proton Iriz saat diluncurkan di Indonesia Sabtu, 18 Februari 2017 (foto : Mufrod/Okezone)

Selain Iriz, Proton juga akan meluncurkan produk-produk lainnya, seperti yang dikatakan oleh Dato’ Ahmad, “Proton mesti bermain di dalam market Indonesia ini, karena market potensialnya ini amat besar. Kita harap bisa memajukan lagi Proton di masa depan Insya Allah ini bukan model terakhir yang kita luncurkan di Indonesia. Komitmen kita di Indonesia nanti bakal kita launch seperti Saga dan Persona itu akan diluncurkan, itu komitmen kita.”

Harga di Bawah Rp 200 Juta

Iriz hadir di Indonesia dengan kapasitas mesin 1.300 cc dengan transmisi manual dan CVT. Harga yang ditawarkan oleh Proton adalah Rp 175.250.000 untuk versi manual dan Rp 185.283.000 untuk versi CVT, On The Road Jakarta. Di Malaysia, kabarnya Proton mampu menjual Iriz sebanyak 1.000 unit perbulannya, lalu bagaimana dengan Indonesia?

Sebenarnya, dari segi desain mobil ini terlihat tidak terlalu menarik, alias biasa saja (Foto: Kompas)

Pasar Indonesia dan Malaysia memiliki perbedaan karakter. Para calon pembeli mobil di Malaysia lebih menyenangi model hatchback, maka tidak heran jika penjualan model hatchback di Malaysia cukup tinggi. Sedangkan di Indonesia, Masyarakatnya lebih menyukai model MPV atau SUV. “Tapi dari segi kualitas mobil sama, kedua market membutuhkan mobil yang lebih safe dan selamat agar nyawa lebih aman,” kata Dato’ Ahmad. Proton berharap dengan hadirnya Iriz di Indonesia bisa merebut perhatian masyarakat Indonesia dan bisa mengambil porsi segmen LCGC.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY