Ini Kata Bos Proton Soal Kerjasama dengan Esemka

Ini Kata Bos Proton Soal Kerjasama dengan Esemka

344
0
BERBAGI
MoU Proton dan Adiperkasa yang disaksikan oleh masing-masing kepala negara (Foto: bernama)

Masih ingatkah Anda dengan berita penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Proton dan PT Adiperkasa Cipta Lestari (ACL) di tahun 2015 silam? Jika Anda merasa kurang familiar dengan nama ACL, perusahaan ini bersama Esemka menjadi cikal bakal PT Adiperkasa Citra Esemka (ACE).

 

Kala itu, penandatanganan MoU kedua belah pihak bertujuan untuk membantu Indonesia belajar membangun, mengembangkan, dan memproduksi mobil nasional (mobnas). Namun hingga saat ini, kelanjutan dari kerjasama ini belum menampakkan hasil. Produk perdana Esemka yang digadang-gadang meluncur Agustus 2016 pun tak kunjung rilis hingga saat ini.

Proyek Berhenti

Menanggapi hal tersebut, Chief Executive Officer (CEO) Proton Holdings Berhad, Dato’ Ahmad Fuad Kenali, mengatakan bahwa progres proyek dapat dikatakan berhenti. Menurutnya, MoU yang ditandatangani tahun 2015 itu sudah kadaluarsa karena dianggap tidak ada progres, sehingga pihak Proton tidak melanjutkannya.

CEO Proton, Dato’ Ahmad Fuad Kenali (Foto: pandulaju)

 

Dato’ Ahmad menambahkan, meski kerjasama berakhir sementara waktu, namun Proton masih ingin mengetahui kondisi pasar Indonesia dan apa saja yang diperlukan. Keingintahuan ini murni dari pihak Proton, artinya bukan sebagai bagian dari perjanjian dengan Adiperkasa maupun Esemka. Sebagai informasi, penandatanganan MoU kedua belah pihak sebelum ini disaksikan oleh masing-masing kepala negara dan disebut akan berfokus pada R&D (Research & Development) dan teknik, serta murni keperluan bisnis alias tidak melibatkan campur tangan pemerintah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY