Fitur Baru dari Ford yang Cocok Diaplikasikan di Indonesia: Pendeteksi Lubang di...

Fitur Baru dari Ford yang Cocok Diaplikasikan di Indonesia: Pendeteksi Lubang di Jalanan

438
0
BERBAGI
(foto : Bestride)

Bagi kita warga Indonesia, lubang-lubang di aspal sepanjang jalan sudah biasa kita temui. Tetapi walau sudah biasa, tetap saja lubang-lubang di jalanan itu kerap membuat kita kesal. Selain karena rasa tidak nyaman juga amannya, lubang-lubang jalan tadi juga semakin memperpendek umur kaki-kaki mobil kita. Selama ini belum ada fitur pada mobil yang berkaitan dengan lubang-lubang di jalanan, namun kabar baik datang dari Ford yang katanya sedang mengembangkan sistem pendeteksi lubang jalanan.

Ford saat ini dikabarkan tengah menyiapkan fitur yang akan memberi peringatan kepada pengemudi jika ada jalanan berlubang di depannya. Sistem ini rencananya akan diuji coba oleh Ford akhir tahun ini, dengan memulai pengujian sistem pemetaan virtual yang membaca lubang di jalanan.

Bekerja Secara Real-Time

Fitur ini akan bekerja dengan mengandalkan peta virtual lubang jalanan yang bekerja secara real-time. Sistem ini bisa membuat pengemudi sadar ada lubang di depan dan seberapa buruk jika mereka tetap melalui jalanan berlubang itu. Semua informasi tersebut akan tampil di dalam layar informasi mobil, selain itu sistem ini juga akan menunjukkan rute alternatif.

FItur ini akan mempekerjakan sensor dengan kemampuan tinggi sehingga bisa mengirim infor secara real-time (foto : Ford)

Insinyur Peneliti di Ford, Uwe Hoffmann mengatakan, “Sebuah peta virtual pendeteksi lubang di jalanan ini bisa menyoroti lubang baru dalam beberapa menit dan segera memperingatkan pengemudi lain bahwa ada bahaya di depan. Mobil kami sudah memiliki sensor pendeteksi lubang dan sekarang kami ingin mengambil langkah berikutnya.” Hoffmann juga mengatakan bahwa insinyur di Ford saat ini sedang meneliti penggunaan kamera dan modem yang tertanam di mobil, dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi rinci tentang lubang dan langsung diunggah secara online yang bisa diakses oleh pengemudi lain secara real-time. 

Cara kerja sensor yang mendeteksi lubang jalanan untuk kemudian dikirim kepada suspensi pintar Ford. (foto : krmg.com)

Selain itu, Ford juga telah berhasil mengembangkan sistem suspensi pintar yang bisa menyesuaikan diri saat mobil melewati lubang di jalan. Suspensi ini bekerja dengan memanfaatkan beragam sinyal yang dikirim oleh sensor kecepatan tinggi dan peredaman bisa dilakukan hanya dalam waktu singkat. Hanya butuh 2 milidetik untuk membuat suspensi kaku sehingga roda tidak masuk ke lubang. Karena roda tidak bergerak ke bawah lebih dalam, sehingga guncangan pun tidak terjadi lebih besar atau keras. Data ini langsung diteruskan ke roda belakang sebagai peringatan awal sebelum roda ini bereaksi terhadap lubang.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY