Geely Tertarik Untuk Berinvestasi di Proton

Geely Tertarik Untuk Berinvestasi di Proton

387
0
BERBAGI
Geely dikabarkan tertarik untuk berinvestasi di Proton (Foto: youtube)

Sampai saat ini, merek otomotif asal negeri China masih dipandang sebelah mata oleh konsumen di Indonesia. Banyak kalangan menganggap kendaraan buatan China mudah rusak dan tidak berumur panjang. Ketersediaan suku cadangnya juga sering dipertanyakan. Oleh karenanya, tak heran jika merek otomotif asal China jarang dilirik konsumen Indonesia, termasuk Geely.

Meski begitu, Geely (Zhejiang Geely Holding Group) sebenarnya tak bisa diremehkan. Selain menjadi pemilik dari merek Volvo (sejak tahun 2010), perusahaan ini juga sempat dikabarkan tertarik untuk membeli Lotus dari tangan Proton. Meskipun belakangan membantah, namun Geely tidak berhenti untuk ‘mencaplok’ perusahaan lain. Kali ini, giliran Proton yang dikabarkan masuk dalam rencana jangka panjang Geely. Seperti apakah rencana itu?

Penawaran Kemitraan

Baru-baru ini, Geely menunjukkan ketertarikannya untuk menjalin kemitraan strategis dengan Proton Holdings Berhad. Langkah ini disebut sebagai kelanjutan dari mencairnya hubungan antara China dengan Malaysia, dimana pada bulan November lalu, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak melawat ke China dengan membawa hasil kerjasama bilateral yang strategis.

Geely GC9 adalah mobil Geely pertama yang dibuat oleh Volvo (Foto: autoevolution)

Lebih lanjut, Geely disebut tertarik untuk membeli 51 persen saham Proton. Investasi Geely terhadap Proton diharapkan dapat membantu Proton dan Lotus untuk mengembangkan penjualannya di luar Malaysia serta memulihkan posisi Proton di industri otomotif global. Tak hanya itu, untuk memuluskan penawarannya, Geely juga mengaku akan berbagi teknologi terbaru yang sedang dikembangkan bersama Volvo kepada Proton, termasuk teknologi yang ada pada sedan GC9 dan SUV Boyue, serta teknologi pada mobil kecil yang tengah dalam pengembangan.

 

Saling Menguntungkan

Geely ingin masuk juga ke pasar Right Hand Drive (Foto: todayifoundout)

Penawaran Geely pada Proton ini diharapkan bisa membantu penjualan Proton di pasar right-hand-drive (RHD/setir kanan), termasuk Malaysia, Inggris, India, dan Australia. Sementara untuk Geely, kemitraan yang terjalin akan memberikan mereka akses masuk pasar RHD. Saat ini memang boleh dibilang Geely masih nol di mobil RHD, padahal ada 8 juta kendaraan RHD yang dijual setiap tahunnya secara global.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY