VW Kian Mantap dengan Proyek Mobil Murah, Muncul Perdana 2019!

VW Kian Mantap dengan Proyek Mobil Murah, Muncul Perdana 2019!

468
0
BERBAGI
VW akan punya merek mobil murah baru dibawah VW Group tahun 2019 nanti (Foto: gettyimages)

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Volkswagen (VW) berarti Mobil Rakyat. Ironisnya, merek ini acap kali disebut tidak konsisten dengan namanya, terutama bagi rakyat di negara berkembang seperti Indonesia, dimana rakyat yang mampu membeli mobil keluaran VW tidak banyak karena harganya yang tidak merakyat.

Pabrikan asal Jerman tersebut nampaknya memahami hal ini, karena VW sudah sejak beberapa tahun lalu mulai mengembangkan mobil murah yang rencananya dijual seharga kurang dari 8.100 poundsterling, atau setara Rp 134 jutaan. Hanya saja, proyek tersebut sempat gagal mendapat persetujuan di internal VW karena tak memenuhi skala biaya produksi. Bagaimana perkembangannya kini?

Mulai Dijual 2019

Setelah pertentangan yang terjadi itu, kini akhirnya internal VW telah mengumumkan akan ada merek mobil murah di bawah VW Group yang rencananya bakal mulai diperkenalkan pada 2019. Meski belum ada nama resmi terkait merek mobil murah itu, namun diberitakan bahwa debut mobil murah tersebut akan muncul dengan model sedan kecil dan SUC kompak untuk pasar China sebagai fase awal.

Setelah China, sejumlah negara lain seperti Brazil, Meksiko dan negara-negara Asia lainnya akan kebagian mobil ini (Foto: gocar)

Sebelum ini, proyek mobil murah memang belum mendapat perhatian dari internal VW Group. Namun pasar yang menggiurkan dari segmen ini memang sayang dilewatkan. Pemilihan China sebagai fase awal peluncuran mobil ini juga bermaksud untuk menambah penjualan VW di negara itu, apalagi VW sukses menjual 2,99 juta unit mobil di sana hingga tahun 2016. Sejumlah negara lain macam Brazil, Meksiko, India dan negara-negara Asia lainnya dikabarkan jadi tujuan selanjutnya.

Mitra Lokal

Untuk memuluskan langkahnya di China, VW menggandeng mitra lokal, FAW, dalam pengembangan mobil yang sasisnya berkode PQ milik VW Golf Mk6 ini. Model sedan yang akan diproduksi nanti ditawarkan dalam pilihan penggerak roda depan, sedangkan untuk model SUV hadir dengan penggerak empat roda.

VW menggandeng mitra lokal FAW untuk produksinya di China (Foto: ibtimes)

Alasan lain VW cukup percaya diri menjual produknya di China karena negara itu tidak terpengaruh pada kasus dieselgate yang menimpa VW sejak akhir 2015 lalu. Konsumen di China memang kurang begitu suka pada mobil bermesin diesel, sehingga dapat diprediksi pula bahwa mobil murah VW nanti berbahan bakar bensin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY