Aneka Balap Liar di Jepang (3) : ‘Bunuh Diri’ ala Kanjo Racers!

Aneka Balap Liar di Jepang (3) : ‘Bunuh Diri’ ala Kanjo Racers!

834
0
BERBAGI
(Sumber : redbubble)

Dari beberapa macam model balap liar Jepang, inilah tipe balapan yang menjadi favorit kami, Kanjo! Balapan ini dilakukan oleh para speedfreak dari kota Osaka, yang sering disebut Kanjozoku. Lalu seperti apakah balap liar di Osaka ini? Kanjo sendiri sebenarnya adalah nama dari sebuah jalan memutar yang berupa jalan layang, bagian dari Hanshin Expressway yang memutari pusat kota Osaka dalam arah jarum jam, bisa dibilang ini adalah jalan tol. Karena bentuknya yang memutar, maka banyak orang yang menyebut jalan ini Kanjo Loop.

Jika anda membayangkan tol ini adalah sebuah tol seperti pada umumnya, dimana memiliki jalan yang panjang, halus, dan lebar, berbeda dengan Kanjo Loop. Tol kota Osaka ini memiliki jalan yang pendek, sempit dan lurus nya jalan ini terbagi dengan belokan yang sempit juga perpindahan lajur yang tiba-tiba. Nah, bisa anda bayangkan betapa ruwet-nya traffic di tol ini? Bagaimana caranya balapan di tol tengah kota yang sempit dan ramai?

Memakai Mobil yang Lincah untuk Merespon Jalan yang Sempit

Salah satu cara untuk menaklukkan jalanan yang sempit dan ramai ini adalah dengan menggunakan mobil yang juga kecil dan lincah. Pilihan para pebalap Kanjo ini pun jatuh pada mobil legendaris keluaran Honda, Civic. Honda Civic yang dipilih oleh kebanyakan pebalap ini adalah Civic model hatchback, seperti Civic SB3 (Wonder 2 pintu), Civic EF (Civic Nouva 2 Pintu), Civic EG (Civic Genio 2 pintu), dan Civic EK (Civic Ferio 2 Pintu). Mobil-mobil berpenggerak depan ini dipilih untuk mengakomodasi kebutuhan mereka yang harus bergerak lincah di jalan sempit dan ramai. Selain itu, mesin-mesin DOHC VTEC buatan Honda untuk Civic juga dirasa cukup responsif untuk melahap tikungan-tikungan yang sempit di Kanjo Loop.

Civic-Civic Hatchback inilah yang menjadi pilihan para pebalap Kanjo (foto : The Kanjozoku)

Dari beberapa pilihan mobil di atas, salah satu yang menjadi favorit pebalap Kanjo adalah Civic generasi ketiga atau Civic Wonder 2 pintu. Walaupun tua, mobil ini masih mendapatkan hormat dari para pebalap Kanjo. Tentu saja, kondisi mobil yang akan digunakan pun tidak akan dibiarkan standar, karena pasti akan ada ubahan-ubahan yang dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan pebalap.

Siap Berhadapan dengan Hukum

Balapan ini sering diistilahkan dengan balap kamikaze, alias bunuh diri seperti tentara Jepang. Bukan tanpa alasan, para pebalap ini harus siap untuk berhadapan dengan maut karena jalan yang sempit dan ramai ini tentu saja sangat rawan kecelakaan, dan kalaupun lolos dari kecelakaan, maka tantangan selanjutnya adalah polisi!

Stiker di mobil ini menggambarkan betapa mereka sering ‘bermain-main’ dengan polisi (foto : the Midnight Garage)

Saat ini era Kanjo memang sudah tidak sejaya pada masanya dulu. Masalah hukum menyebabkan banyak para Kanjozoku ini yang memilih untuk pensiun dan menyisakan orang-orang tergila saja di trek Kanjo ini. Alternatif untuk para pebalap yang belum puas menyalurkan adrenalinnya adalah dengan beralih ke sirkuit dan mengikuti balapan yang legal. Menariknya, walaupun mereka sudah mengikuti balap resmi, tetapi aura dan style Kanjo tetap terlihat dari cara mengemudi mereka.

Menjadi Referensi Modifikasi

Balap Kanjo ini menarik banyak minat para penggemar otomotif dunia, Banyak faktor yang mempengaruhinya, mulai dari cerita-cerita menegangkan hingga style mobil para Kanjozoku. Kanjozoku banyak yang meniru style mobil balap Civic yang digunakan balap pada tahun 80-an dan 90-an. Civic waktu itu menjadi bagian dari Japanese group A racing, dan style mobil inilah yang banyak diaplikasikan oleh para Kanjozoku pada kendaraan mereka.

Style yang sebenarnya tidak good looking ini malah menarik minat banyak penggemar otomotif dan mengaplikasikannya (foto : the Kanjozoku)

Walau kendaraan-kendaraan yang dipakai ini memang terlihat tidak menarik, tetapi pada akhirnya style mobil balap Kanjo ini banyak dijadikan referensi oleh para penggemar otomotif dunia. Bahkan, di sebuah ajang kontes modifikasi memiliki kategori Kanjo Style sebagai temanya. Kesan yang ada pada kendaraan pebalap Kanjo yang asli adalah kendaraan yang tidak good looking sama seperti mobil-mobil balap lainnya. Kotor, lecet, penyok dan fungsional, itulah yang terlihat dari luar. Sedangkan di sisi interiornya, diisi dengan roll bar dan untuk presentasi ruang mesin merupakan hal yang tidak menjadi terlalu dipikirkan oleh para Kanjozoku ini.

Cat pada ban ini yang membuat kendaraan para Kanjozoku menjadi semakin mencolok (foto : Speed hunters)

Selain bentuk bodi, ciri khas yang paling terlihat dari luar ada pada sektor kaki-kaki. Biasanya mobil balap Kanjo ini menggunakan ban Yokohama Advan atau ban racing lainnya. Tak hanya itu, mereka mengecat dan menorehkan merk ban ini sebesar mungkin, itulah yang membuat kendaraan mereka semakin mencolok mata.

Cara cerdas untuk menyembunyikan identitas driver! (foto : Speed hunters)

Benda lain yang terlihat banyak digunakan oleh Kanjozoku di mobilnya adalah window nets, seperti yang biasa digunakan oleh mobil-mobil balap resmi sebagai peralatan keselamatan. Bedanya, di dunia balap liar Kanjo ini adalah cara unik untuk menyembunyikan identitas mereka dari polisi.

Tidak Butuh Power Besar, yang Penting Kekeluargaan

Dalam balap Kanjo, para Kanjozoku tidak memerlukan tenaga mobil yang besar, karena mereka tidak mungkin bisa mengeluarkan tenaga besar di jalan sempit Kanjo Loop. Mereka memang hanya butuh mobil yang lincah, nyali besar, dan team yang lebih bersifat seperti keluarga. Daripada individu, mereka lebih mengenal satu sama lain dengan identitas team, maka tidak heran jika di mobil mereka tertempel stiker team sebagai identitas mereka.

Stiker team adlah identitas (foto : The Chronicles)

Beberapa team yang menggeluti balap liar Kanjo antara lain Temple Trick, Loose Racing, Pandemic, TOPGUN, Wharp, Law Break, No Good Racing, dan lain-lain. Masing-masing team memiliki sejarah sendiri-sendiri di dunia Kanjo ini, misalnya No Good Racing telah berada pada lingkaran ini sejak 1985.

Dari semua hal menarik di dunia Kanjo, ada satu hal yang sangat menarik yaitu ketika mereka keluar dari kendaraan, mereka adalah orang yang rendah hati dan easy going. Mereka berbincang-bincang, tertawa dan merokok seperti orang kebanyakan. Tidak sombong seperti banyak pebalap yang merasa dirinya paling kaya dan paling bisa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY