Aneka Balap Liar di Jepang (part 1)

Aneka Balap Liar di Jepang (part 1)

479
0
BERBAGI
(foto : Stance Nation)

Tanpa diberitahu lagi, kita semua pasti akan mengiyakan bahwa kegiatan balap liar adalah suatu kegiatan yang sangat tidak dianjurkan untuk siapapun, bahkan untuk pebalap profesional sekalipun. Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat berbahaya, bukan hanya untuk pelaku balap liarnya saja, tetapi juga untuk para pengguna jalan umum, karena kita tahu bahwa kebanyakan balap liar dilakukan di jalan terbuka yang aktif dilalui berbagai macam kendaraan.

Tetapi entah kenapa, dunia balap liar selalu memiliki pesonanya sendiri. Pesona ini menarik para penggemar adrenalin untuk mendekat, walau semua sudah tahu bahwa balap liar adalah kegiatan yang dilarang. Atmosfer balap liar begitu mempesona, bagaimana tidak, regulasi jalanan yang minim, peraturan modifikasi yang hampir tidak ada batasannya, sehingga para tuner dan pebalap bisa bereksplorasi sebebas-bebasnya untuk bisa menang di arena balap liar ini.

Balap Liar di Jepang

Salah satu negara yang mempunyai popularitas balap liar yang tinggi adalah Jepang. Biasanya di negara manapun, balap liar yang populer adalah jenis balap lurus atau drag race yang biasanya menempuh jarak sepanjang 1/8 mile atau 1/4 mile. Tetapi berbeda dengan yang ada di Jepang, karena tidak hanya satu jenis saja, namun Jepang memiliki berbagai jenis balap liar! Jenis-jenis balap liar ini memang punya kaitan dengan kondisi geografis kota tempat balapan itu diadakan. Misalkan saja, kota yang memiliki pegunungan, akhirnya memiliki balapan turun gunung atau naik gunung.

Salah satu mobil yang populer di balap liar Jepang. Yak! AE86 (foto : Distrik Anime)

Jepang sebagai negara produsen otomotif terbesar di dunia memang tidak bisa lepas dari subkultur otomotif yang terbentuk karena berbagai macam faktor, salah satunya balap liar itu sendiri. Dari berbagai jenis balap liar di jepang, hampir semuanya menjadi trend di dunia, minimal dari sisi style kendaraannya yang banyak ditiru oleh para penggemar otomotif dunia. Nah, pada seri artikel kali ini, kami akan mencoba membahas tiga balap liar yang populer di Jepang hingga menginspirasi para penggemar otomotif dunia untuk mengaplikasikan style-nya pada kendaraannya. Yuk kita simak bersama-sama!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY