Menurut Toyota, Biaya Perawatan Mobil Hybrid Lebih Murah

Menurut Toyota, Biaya Perawatan Mobil Hybrid Lebih Murah

560
0
BERBAGI
Camry Hybrid di Bangkok Motor Show 2015 (Foto: BIMS)

Teknologi mesin hybrid pada mobil memang belum populer di Indonesia. Salah satu Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia yang sudah mulai giat menjual mobil berteknologi hybrid adalah PT Toyota Astra Motor (PT TAM). Untuk menaikkan popularitas mobil hybrid, PT TAM pun memberikan edukasi kepada masyarakat, termasuk salah satu isu yang dilemparkan adalah tentang biaya perawatan. Maklum, untuk warga Indonesia, setiap ada teknologi baru yang masuk, pertanyaan pertama yang selalu keluar adalah tentang biaya perawatannya. 

PT TAM pun memberikan gambaran jika perawatan mobil hybrid sebetulnya lebih murah dibandingkan mobil konvensional. Product Knowledge Head PT TAM, Gandhi Ahimsaputra menjelaskan bahwa mobil hybrid digerakkan oleh dua sumber tenaga, yakni listrik dan mesin bensin. Secara logika, kinerja mesin pada mobil hybrid akan dibantu oleh listrik sehingga kerja mesin tidak lagi seberat mobil konvensional. “Tentu akan berpengaruh pada life time, atau jangka waktu pemakaian dari mesin itu sendiri,” ujar Gandhi. Saat kecepatan di bawah 40 Km/jam, listrik yang akan menggerakkan mobil, nah, pada keadaan ini, mesin bensin sama sekali tidak bekerja. Saat akselerasi lebih tinggi, 40-80 Km/jam, mesin bensin yang bekerja namun tetap dibantu oleh motor listrik.

Toyota Telah menjual 1.473 Unit Mobil Hybrid di Indonesia

Walau angka penjualan mobil hybrid di Indonesia memang belum fantastis, tetapi total penjualan yang telah diraih oleh PT TAM di Indonesia bisa dikatakan sukses. Sejak mulai pertama kali menjual mobil hybrid pada tahun 2007 hingga 14 Februari 2017, Toyota telah berhasil menjual 1.473 unit produk hybrid-nya. “Kalau di global sendiri total sudah 10,5 juta unit atau gampangnya 10 jutaan,” ujar Executive General Manager Vehicle Sales Operation Sub Directorate PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.

Product Knowledge Head Toyota Astra Motor Gandhi Ahimsaputra sedang menjelaskan teknologi hybrid pada Toyota Camry Hybrid di Aston Kuningan Suites, Jakarta Selatan, 23 Februari 2017. (foto : TEMPO/Wawan Priyanto)

Soerjo menambahkan, dari pencapaian sebanyak 1.473 unit tersebut, Toyota Camry Hybrid menjadi model yang memiliki kontribusi paling besar diantara model hybrid Toyota lainnya. “90 persen Camry, lalu Alphard, dan Prius terakhir, dan untuk Indonesia kita tidak melihat dari angka saja, tapi juga kendaraan ramah lingkungan,” tutup Soerjo.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY