Mungkinkah Wuling Akan Berbagi Pabrik dengan General Motors Indonesia?

Mungkinkah Wuling Akan Berbagi Pabrik dengan General Motors Indonesia?

617
0
BERBAGI
Sketsa pabrik Wuling di Indonesia (Foto: Wuling)

Sebagai pemain baru yang berniat untuk turut meramaikan pasar otomotif dalam negeri, Wuling diketahui tengah mempersiapkan pabriknya di Indonesia dan bakal meluncurkan produk perdananya di tahun 2017. SAIC GM Wuling Automobile Company Ltd. (SGMW) bahkan menanamkan investasi yang mencapai USD 700 juta atau Rp 9 triliun untuk keperluan ini.

Jika melihat nama SGMW, kita bisa langsung mengetahui bahwa salah satu perusahaan afiliasi yang tergabung dalam SGMW ini adalah General Motors (GM). Hal ini menimbulkan sejumlah spekulasi terkait kemunculan Wuling di Indonesia, termasuk perihal penggunaan bekas dealer Chevrolet untuk digunakan Wuling dan kemungkinan sharing pabrik antara GM dengan Wuling.

Keduanya Tutup Mulut

Seperti kita ketahui, GM Indonesia telah resmi menghentikan operasi fasilitas perakitannya di Pondok Ungu Bekasi, Jawa Barat sejak tanggal 30 Juni 2015 lalu. Hal ini membuat GM Indonesia praktis berperan sebagai pedagang saja di Indonesia. Kendaraan-kendaraan yang dijualnya saat ini pun akhirnya diimpor langsung dari Korea Selatan atau Thailand.

Presdir GM Indonesia, Gaurav Gupta (paling kiri) saat menemani wapres Jusuf Kalla di GIIAS 2016)

 

Pembuatan pabrik Wuling di Indonesia tentu saja membuat banyak kalangan memprediksi bahwa GM Indonesia akan berbagi fasilitas dengan Wuling jika ingin kembali berperan sebagai perakit. Apalagi, fasilitas perakitan yang dimiliki oleh SGMW di di GIIC, Cikarang, Bekasi memiliki luas 60 hektar dan rasanya tidak akan mengganggu produksi awal Wuling yang kemungkinan baru akan menghadirkan dua model untuk permulaan. Menanggapi hal ini, baik GM Indonesia maupun SGMW memilih bungkam dan enggan memberikan pernyataan.

Dorongan Kementerian Perindustrian

Pabrik GM sebelum ditutup (Foto: mobilmotor)

Penutupan fasilitas produksi GM di tahun 2015 lalu juga disayangkan oleh pemerintah. Terkait hal ini, Direktur Jenderal Industri Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate), Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan menghimbau GM untuk menambah lagi investasinya di Indonesia. Putu berharap GM Indonesia kembali membuka fasilitas produksi di Indonesia, apalagi salah satu grupnya (Wuling) melalui SGMW juga sudah memantapkan langkah untuk beroperasi di Indonesia dengan membangun fasilitas yang diperlukan.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY