Wah! CEO Nissan Mengundurkan Diri dari Jabatannya

Wah! CEO Nissan Mengundurkan Diri dari Jabatannya

560
0
BERBAGI
CEO Nissan dan CEO Mitsubishi saat konferensi pers pembelian saham Mitsubishi oleh Nissan (Foto: Autos.Winniefreepress)

Pucuk pimpinan Nissan Motor Co, Carlos Ghosn baru saja diberitakan pamit mundur dari jabatannya sebagai CEO. Menurut rilis resmi yang diterbitkan oleh Nissan, posisi Carlos Ghosn saat ini digantikan oleh Hiroto Saikawa. Hal ini sekaligus mengakhiri pertanyaan-pertanyaan dan kecemasan para investor tentang spekulasi pelepasan jabatan yang dilakukan oleh Ghosn ini.

Pria berkewarganegaraan Perancis keturunan Lebanon yang lahir di Brasil ini memulai karirnya di dunia otomotif lewat Michelin Prancis. Setelah itu, Ghosn pindah ke Renault, di mana ia mengawasi perputaran dari para pembuat mobil. Lalu Ghosn akhirnya bergabung dengan Nissan pada tahun 1999 dan menjadi CEO pada tahun 2001.

Konsentrasi ke Renault-Mitsubishi

Nissan Motors Co menjelaskan, Carlos Ghosn yang sudah memimpin perusahaan selama 16 tahun ini memilih mundur dari jabatannya untuk fokus pada proyek aliansi Renault dan Mitsubishi Motors Corp. Ghosn sendiri berhasil membawa Mitsubishi masuk aliansi pada tahun lalu sehingga menempatkan penjualan tahunan gabungan grup itu sebanyak 9,3 juta kendaraan. Kendati aliansi itu membawa langkah baru guna meraup keuntungan, namun ada kekhawatiran rencana memadukan Nissan dengan Renault justru malah melambat.

CEO Nissan Carlos Ghosn (kiri) dan Presiden Mitsubishi Motors Osamu Masuko (kanan). Menjual saham kepada Nissan adalah salah satu cara Mitsubishi untuk menyelamatkan perusahaan (foto : Nikkei)

“Masih banyak hal yang harus dilakukan di dalam perusahaan untuk menghasilkan pertumbuhan berkesinambungan, awet dan solid,” kata Ghosn, seperti yang diberitakan oleh Reuters hari Kamis, 23 Februari 2017. Di sisi lain, Ghosn belum merinci masalah-masalah yang akan ia selesaikan bersama Renault, namun pengetatan aturan emisi akan menjadi tantangan dalam menjalankan aliansi Nissan-Renault yang berencana mengintegrasikan mesin dan gearbox.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY