Ingin Memesan Plat Nomor Cantik untuk Kendaraan Anda? Begini Caranya

2084
0
BERBAGI

Selama ini banyak pemilik kendaraan yang memesan nomor registrasi kendaraan atau nomor plat dengan angka pilihan sendiri. Plat jenis ini sering disebut juga sebagai plat nomor cantik. Sayangnya, sebelum ini pemesanan nomor cantik belum diatur secara rinci oleh undang-undang, sehingga harganya pun berbeda-beda dan rawan pungutan liar. Saat ini nomor registrasi kendaraan bermotor macam ini sudah bisa dipesan dengan daftar harga pasti, karena sudah diatur jelas di dalam undang-undang. Otostop kali ini akan membahas beberapa hal yang harus anda ketahui jika ingin memesan nomor registrasi khusus atau plat nomor cantik untuk kendaraan anda. 

1. Dasar Penentuan Harga

Harga pemesanan nomor registrasi kendaraan ini berdasarkan pada PP Nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Peraturan pemerintah ini sudah mulai diberlakukan sejak tanggal 6 Januari 2017. Tarif harga dibagi berdasarkan beberapa kategori, seperti penggunaan satu angka, kemudian dua angka, tiga angka, empat angka, dan bila ada pula pilihan menggunakan sambungan huruf pada akhiran plat nomor.

2. Mengajukan Surat Permohonan

Sebelum anda bisa dengan leluasa memilih nomor registrasi kendaraan anda, maka anda harus mengajukan surat permohonan penggantian plat nomor ke kantor Samsat. Setelah surat anda diterima dan diberi ijin, maka anda baru bisa melanjutkan proses selanjutnya. Pihak kepolisian juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan calo dalam mengurus surat-surat seperti ini, agar pemohon bisa mengetahui sendiri tarif resminya.

3. Penggolongan Tarifnya

Ada beberapa kategori yang membedakan tarifnya. Pertama, NRKB pilihan 1 angka. Jika tidak ada huruf belakang nomor harganya Rp 20 juta, sedangkan jika ada huruf di belakang angka maka harganya Rp 15 juta. Selanjutnya NRKB pilihan 2 angka. Jika tidak ada huruf belakang nomor harganya Rp 15 juta, sedangkan jika ada huruf di belakang angka maka harganya Rp 10 juta. Untuk NRKB pilihan 3 angka, jika tidak ada huruf belakang nomor harganya Rp 10 juta, sedangkan jika ada huruf di belakang angka maka harganya Rp 7,5 juta. Kategori terakhir, NRKB pilihan 4 angka. Jika tidak ada huruf belakang nomor harganya Rp 7,5 juta, sedangkan jika ada huruf di belakang angka maka harganya Rp 5 juta.

4. Huruf yang tidak Boleh Dipilih

Huruf di belakang angka memang bebas dipilih oleh pemohon, tetapi tidak semua kombinasi huruf bisa dipasangkan, seperti misalnya Kombinasi huruf RF yang tidak boleh dipakai oleh masyarakat umum. Contohnya adalah RFS, RFP, RFD, RFL, RFU, dan RFH karena huruf itu hanya boleh dipakai oleh pejabat pemerintahan, pejabat hukum dan aparat keamanan.

5. Bayar Tarif Awal Jika Masa Pakai Habis

Masa berlakunya nomer registrasi cantik ini sama dengan masa berlaku STNK kendaraan anda, yaitu 5 tahun. Sayangnya, setelah masa berlaku STNK anda sudah habis, maka anda harus membayar lagi nomer cantik anda jika masih ingin menggunakannya. Anda harus membayar dengan tarif awal, atau bisa saja dikatakan beli lagi nomor registrasi kendaraan anda, jika tidak, maka nomor registrasi anda akan kembali ke nomor registrasi awal.

Bagaimana, apakah anda tertarik memesan nomor cantik untuk plat mobil anda? Atau malah tidak jadi gara-gara harganya yang lumayan mahal? Keputusan ada di tangan anda 🙂

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY