Jerman Mulai Larang Mobil Bermesin Diesel Masuk Kota

Jerman Mulai Larang Mobil Bermesin Diesel Masuk Kota

405
0
BERBAGI
Jerman akan segera melarang mobil bermesin diesel untuk masuk wilayah perkotaan tahun depan (Foto: Youtube)

Beberapa bulan lalu, tepatnya pada 30 November – 2 Desember 2016, digelar acara C40 Mayors Summit di Mexico City. Acara yang menjadi ajang berkumpulnya para walikota sedunia ini menghasilkan beberapa bahasan, termasuk diantaranya adalah keputusan empat kota besar, yakni Paris, Madrid, Athena, dan Mexico City yang setuju untuk menyingkirkan kendaraan diesel di wilayahnya pada tahun 2025. Kendaraan diesel yang masuk dalam larangan ini adalah jenis mobil penumpang dan van.

Bukan tanpa alasan jika keempat kota besar dunia itu mengambil langkah tegas, karena kendaraan bermesin diesel dianggap sebagai salah satu biang keladi sekaligus penyumbang emisi yang cukup besar. Menanggapi hal ini, Jerman yang dikenal sebagai salah satu negara penghasil kendaraan terbesar di dunia juga mulai berencana untuk melarang kendaraan bermesin diesel, khususnya kendaraan diesel tua yang belum memenuhi standar Euro 6, untuk masuk ke dalam kawasan perkotaan mulai tahun depan.

Digugat Uni Eropa

Sebagai informasi, Jerman tercatat sebagai anggota dari aliansi kendaraan zero-emission (ZEV/zero-emission vehicle) yang akan menghentikan secara total penjualan mobil berbahan bakar fosil (bensin dan diesel) di tahun 2025 dan melarang mobil konvensional pada 2050. Ironisnya, hal lain yang menjadi pertimbangan bagi Jerman untuk segera melaran kendaraan bermesin diesel masuk perkotaan adalah adanya gugatan dari Uni Eropa terkait emisi. Menurut gugatan itu, setidaknya 90 kota di Jerman sudah melebihi ambang batas emisi yang ditentukan. Merujuk pada standar emisi terbaru, batas emisi NOx (emisi yang bisa menyebabkan penyakit pernafasan) maksimal ada di angka 80 miligram per kilometer. Pengecualian diberikan pada kendaraan pengangkut barang yang mesin dieselnya belum memenuhi aturan.

VW, sebagai salah satu perusahaan asal Jerman, diketahui melakukan pemalsuan hasil emisi mesin dieselnya di tahun 2015 (Foto: Yahoo)

Untuk saat ini, jumlah mobil diesel di Jerman yang telah memenuhi standar Euro 6 baru berjumlah 10 persen, namun diperkirakan akan segera bertambah secara signifikan di masa mendatang karena hampir 50 persen dari mobil baru yang dijual di Jerman setiap tahunnya bermesin diesel. Selain itu menurut Asosiasi industri VDA, dalam lima tahun ke depan setengah dari 14 juta mobil diesel akan digantikan oleh mobil diesel baru berstandar Euro 6, atau mesin dengan spesifikasi solar yang lebih bersih.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY