BMW akan Produksi MINI Versi Listrik di Jerman

BMW akan Produksi MINI Versi Listrik di Jerman

300
0
BERBAGI
(foto : motor1.com)

Masih ingat dengan rencana BMW yang akan memproduksi MINI hybrid pada bulan Oktober 2016 lalu? Rencananya MINI hybrid ini akan diproduksi dan disiapkan untuk dijual tahun 2017 ini. Nah, kabar terbaru dari proyek ini adalah BMW berencana untuk memindahkan pabrik produksi mobil listrik MINI dari Inggris ke Jerman. Hal tersebut disebabkan rencana Inggris keluar dari Uni Eropa atau dikenal dengan Brexit.

Media Handelsblatt memberitakan, mobil yang akan menggunakan basis MINI Countryman ini produksinya akan dipindahkan ke daerah Regensburg dan Leipzig, Jerman. Alternatif lainnya adalah memindahkan produksinya di pabrik Nedcar yang terletak di Belanda. BMW rencananya akan melakukan pertemuan dengan pemerintah Inggris pekan depan dan keputusan tersebut dikatakan bakal terjadi di semester dua tahun 2017 ini. Rencana peluncuran di tahun 2017 otomatis gagal, dan BMW diberitakan akan meluncurkan MINI versi listrik ini di tahun 2019.

Masih akan Memakai Mesin BMW

Dari keterangan yang diberikan, saat ini belum ada keterangan lagi tentang spesifikasi mesin apa yang akan ditancapkan. Namun merujuk pada pemberitaan di bulan Oktober 2016, kemungkinan mesin yang akan dipakai oleh Mini Countryman hybrid ini adalah mesin yang sama dengan yang digunakan oleh BMW 225xe. Mesin konvensionalnya berkonfigurasi tiga silinder segaris 1500 cc turbo dengan motor listrik yang ditenagai sebuah baterai 7,7 kwh. Tenaga maksimal yang bisa dikeluarkan adalah 224 Hp dan torsi puncaknya 385 Nm serta bisa melaju dengan kecepatan maksimal 202 km/jam.

MINI Cooper SE Countryman Hybrid (foto : Carscoops)

Selain spesifikasi mesin yang sama dengan milik BMW 225xe, para engineer Mini juga sedang mempersiapkan sistem pengaturan eDrive dan akan memunculkan menu (driving mode) MAX eDRIVE, yang mana jika diaktifkan motor elektrik bisa digunakan hingga menyentuh kecepatan 120 km/jam. Dengan kondisi baterai terisi penuh, mobil ini diklaim dapat menempuh jarak 41 Km. Pada BMW 225xe, pengisian baterai memakan waktu 3 jam dan 15 menit.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY