Konsep Mobil Pedesaan Akan Menyesuaikan Kebutuhan

Konsep Mobil Pedesaan Akan Menyesuaikan Kebutuhan

352
0
BERBAGI

Wacana pemerintah terkait mobil pedesaan masih terus berlanjut. Sebelum ini, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian mengatakan siap menggandeng berbagai pihak untuk keperluan realisasi mobil pedesaan, jadi tidak serta merta menunjuk Toyota maupun Daihatsu saja sebagai pihak ketiga yang disebut siap menjadi produsen komponen vital kendaraan macam mesin dan transmisi.

Melalui Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan, Kemenperin menegaskan hal tersebut. “Tidak ada penunjukan, siapapun boleh. Kan konsepnya village mobility, kita bisa mulai dengan kendaraan untuk membantu daerah pertanian, mungkin daerah lain juga. Kita bukan mau bikin mobil, prototipe yang nanti bisa diproduksi siapapun,” ujarnya.

Wajib Menggandeng SMK Setempat

Lebih lanjut, Putu mengatakan meski mobil pedesaan bisa diproduksi siapapun, namun pihak yang terlibat harus turut menggandeng siswa-siswi SMK di desa setempat agar sumber daya manusia di daerah tersebut turut berkembang dan meningkatkan kemandirian masyarakat pedesaan.

Pemerintah: konsep mobil pedesaan masih bisa berubah, tergantung kebutuhan (Foto: dapurpacu)

Tak hanya itu, dirinya mengatakan bahwa mobil pedesaan sebagai alat bantu mobilitas nantinya juga bisa berkembang sesuai kebutuhan. Artinya, pengaplikasian mobil pedesaan tidak harus roda 4, namun bisa dikembangkan sebagai motor roda 3 maupun roda 2. Melalui hal ini, pemerintah ingin berfokus pada mobilitas orang pedesaan, bukan untuk membuat pabrik mobil. Jadi, perkembangan mobil pedesaan diharapkan bisa lebih fleksibel sesuai kebutuhan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY