Bagi Honda, Indonesia Merupakan Pasar Terbesar Keempat di Dunia

Bagi Honda, Indonesia Merupakan Pasar Terbesar Keempat di Dunia

208
0
BERBAGI
Produk terbaru dari Honda Prospect Motor di awal tahun ini, Honda New Mobilio. (Foto: Kompas)

Sudah menjadi rahasia umum jika pasar otomotif Indonesia dikuasai oleh tiga nama besar pabrikan asal Jepang: Toyota, Daihatsu, dan Honda. Bagi ketiga merek ini, Indonesia merupakan pasar yang sangat prospektif untuk mangembangkan bisnisnya. Honda Motor Co. Ltd. bahkan menyatakan bahwa peluang itu mampu dimanfaatkan melalui Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM).

Jika melihat hasil pada tahun lalu, penjualan Honda di Indonesia menempati urutan keempat terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat, Cina, dan Jepang. Dari data yang dirilis perusahaan, penjualan sepanjang tahun 2016 lalu mencapai 199.364 unit dengan penguasaan pasar yang mencapai 19%.

Nomor Satu di ASEAN

Jika Indonesia menempati urutan keempat untuk penjualan Honda sedunia, maka di tingkat Asia Tenggara, Indonesia menempati urutan pertama di tahun 2016. “Untuk di level Asean, Indonesia mencapai urutan penjualan terbanyak pada tahun lalu,” kata Seiji Kuraishi, Executive Vice President, Executive Officer and Representative Director, Risk Management Officer, Corporate Brand Officer Honda Motor Co. Ltd.,¬†Kuraishi¬† menambahkan, sebagai negara dengan pangsa pasar terpenting, Indonesia merupakan salah satu pasar utama Honda.

Brio Satya merupakan produk Honda yang masuk ke dalam skema LCGC, dan mobil ini masuk ke dalam produk lokal Honda Indonesia (foto: HPM)

Sedangkan untuk memenuhi permintaan konsumen, Honda melakukan perluasan bisnis di Indonesia. “Ini sesuai dengan arahan Honda untuk menjadi perusahaan yang keberadannya selalu diinginkan oleh masyarakat lokal,” ujar Kuraishi. Honda membagi produk menjadi dua jenis: pertama produk global, yakni model yang diproduksi dan dipasarkan di banyak negara. Kedua adalah produk lokal, yakni model yang diproduksi dan dipasarkan hanya untuk negara tertentu.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY