Mitsubishi Kian Serius Garap Pasar Asia Tenggara

Mitsubishi Kian Serius Garap Pasar Asia Tenggara

229
0
BERBAGI
Mitsubishi serius garap pasar Asia Tenggara (Foto: foxnews)

Pasar Asia Tenggara nampaknya kian mendapat perhatian lebih dari sejumlah produsen otomotif dunia, termasuk Mitsubishi Motors yang dikabarkan ingin memperluas jaringan rantai penjualannya di seluruh Filipina, Indonesia dan Thailand sampai tahun 2020 mendatang sebanyak 20 persen dari semula, termasuk dengan menambah jumlah pegawai maintenance-nya.

Sebagai gambaran, Mitsubishi Motors akan menambahkan jumlah dealer resminya di Filipina hingga 70 dealer dari yang semula hanya 48 dealer saja. Jumlah pegawai yang dipekerjakan juga akan ditingkatkan hingga sebanyak 1.400 personil. Ini semua dilakukan untuk mendukung kegiatan produksi Mitsubishi di sana sehingga tidak perlu mengimpor lagi dari Thailand. Di Filipina, Mitsubishi Motors tercatat memiliki market share sekitar 15 persen dari keseluruhan pasar mobil di sana. Angka ini tentu saja akan digenjot lagi agar terjadi peningkatan di kemudian hari.

Indonesia dan Thailand

Untuk pasar Indonesia, Mitsubishi Motors berencana menambah jumlah jaringan dealernya hingga angka 300 diler, serta menambah personel maintenance sampai 3.000 orang. Mitsubishi juga telah membangun pabrik barunya di Indonesia yang rencananya akan memproduksi MPV baru mereka serta sejumlah model lain. Pabrik tersebut akan mulai beroperasi tahun ini.

Mantan CEO Nissan Charlos Ghosn (kiri) dan Presiden Mitsubishi Motors Osamu Masuko (kanan) saat Nissan membeli saham Mitsubishi (foto : Nikkei)

Sedangkan di Thailand, Mitsubishi menargetkan kenaikan 6 persen untuk jaringan deealer sehingga mencapai angka 230 dealer. Thailand sendiri kerap menjadi basis produksi bagi sejumlah merek otomotif yang bermain di pasar Asia Tenggara. Selain itu, penjualan Mitsubishi di Asia Tenggara telah menyumbang seperlima dari penjualan globalnya. Kerjasama Mitsubishi dengan Nissan juga menjadi faktor lain yang membuat Mitsubishi berbenah dan ingin menggenjot lagi pasar Asia Tenggara yang dinilai strategis.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY