Ford Fiesta ST 2018: Bermesin 3 Silinder dan Punya Tenaga Besar

Ford Fiesta ST 2018: Bermesin 3 Silinder dan Punya Tenaga Besar

292
0
BERBAGI
(foto: Carscoops)

Beberapa saat yang lalu, Ford sudah memperkenalkan jajaran Fiesta terbarunya untuk tahun 2018 nanti. Ternyata itu semua belum seberapa, karena Ford memiliki andalan baru untuk model Fiesta, yaitu Ford Fiesta ST 2018. lalu apa yang membuat mobil ini menjadi istimewa dan dibicarakan oleh banyak penggemar otomotif dunia?

Ford telah melakukan terobosan pada Fiesta ST terbarunya ini. Varian ini memang didaulat untuk memiliki performa mumpuni, dibanding versi standar. Nah, yang berbeda dari mobil ini adalah Ford Fiesta ST terbaru akan dipasangi mesin mesin 3 silinder! Wah, kok malah seperti beberapa model kendaraan LCGC (Low Cost Green Car) ya? Beda! Mesin mobil ini akan memiliki kapasitas 1500 cc, dan yang akan membuat para penggemar otomotif terpukau adalah meski hanya 3 silinder, tapi tenaganya bisa mencapai 200 Ps dengan torsi maksimum 290 Nm. Wuih!

Tambahan Teknologi Cylinder Deactivation

Mobil ini juga memiliki teknologi terbaru yang bernama cylinder deactivation. Ini adalah salah satu teknologi terbaru yang membuat mobil memiliki tingkat efisiensi BBM yang lebih tinggi. Cara kerjanya sederhana, satu atau lebih silinder dinon-aktifkan saat tidak diperlukan. Misalnya saat berada dalam kemacetan lalu lintas, berjalan perlahan atau berhenti di lampu lalu lintas. Sebenarnya sudah ada beberapa mobil yang menggunakan teknologi ini, namun Ford Fiesta ST adalah mobil bermesin 3 silinder pertama yang mengaplikasikannya.

Bentuk eksteriornya lumayan sporty (foto: Autoexpress)

Fiesta ST ini juga menjadi varian pertama dari Fiesta yang memiliki mode berkendara dengan menu Normal, Sport dan Track. Lalu untuk meningkatkan performa saat bermanuver, Fiesta ST ini dibekali dengan sistem torque vectoring. Sistem ini akan mangalirkan tenaga ke roda yang lebih membutuhkan saat menikung, sehingga bisa mengurangi efek understeer. Untuk memfasilitasi para penggemar mobil kencang yang ‘bersuara’, Ford memasangkan fitur Electronic Sound Enhancement, dan Active Exhaust Noise Control Valve. Kedua fitur ini akan membuat Fiesta ST memiliki suara layaknya mobil performa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY