Nissan Optimis MPV Barunya Bisa Ungguli Avanza-Xenia

Nissan Optimis MPV Barunya Bisa Ungguli Avanza-Xenia

948
0
BERBAGI
Antonio 'Toti' Zara. (Foto: datsunbandung)

Rasanya masih segar di ingatan kita saat Mitsubishi memamerkan calon MPV barunya di ajang GIIAS 2016 bulan Agustus lalu. Mobil yang kala itu dinamai XM Concept ini berhasil mencuri perhatian para pengunjung GIIAS 2016, termasuk juga masyarakat di kota-kota besar lain yang juga kebagian ‘jatah’ menyaksikan MPV ini saat roadshow.

Beberapa waktu ini, santer kabar yang menyebutkan bahwa Mitsubishi bukan satu-satunya pabrikan yang akan mengembangkan XM Concept. Nissan selaku partner yang telah membeli sebagian besar saham Mitsubishi disebut juga tertarik untuk memproduksi MPV tersebut untuk dirinya sendiri.

Mengejar Ketertinggalan Grand Livina

Sejauh ini, Nissan Motor Indonesia (NMI) memang masih mempunyai Grand Livina sebagai wakilnya di segmen MPV. Mobil tersebut di Indonesia berhadapan langsung dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga. Rencana produksi MPV anyar yang tengah mengemuka diperkirakan bakal jadi strategi jitu Nissan untuk mengejar ketertinggalan Grand Livina yang beberapa tahun belakangan mulai kesulitan mengejar kompetitornya karena minim penyegaran.

MPV baru Nissan diperkirakan bakal mengambil basis yang sama dengan Mitsubishi XM Concept  (Foto: Ototaiment)

Menurut Presiden Direktur PT NMI, Antonio ‘Toti’ Zara, saat ini pihaknya belum bisa membuka detail dan skema penjualan calon MPV barunya itu, yang jelas dirinya mengaku bahwa NMI sudah memiliki rencana mengenai positioning calon MPV tersebut, entah akan menggantikan Grand Livina atau berjalan bersama.

Wujud Kolaborasi

Untuk saat ini, Toti juga belum bisa membocorkan lebih lanjut terkait kolaborasi Nissan-Mitsubishi bagi kedua merek. Bukan tak mungkin jika kedua perusahaan ini juga akan memunculkan model kembar layaknya Toyota dengan Daihatsu yang mempunyai Avanza-Xenia.

Apakah model MPV baru Nissan-Mitsubishi bakal seperti model kembar milik Toyota-Daihatsu? (sumber : modifikasi.com)

Meski masih belum bisa berkata apa-apa soal itu, namun Toti cukup percaya diri dengan mengatakan bahwa calon MPV-nya akan lebih baik dari kompetitor macam Avaza-Xenia. Dirinya baru bisa mengatakan bahwa saat ini pengembangan MPV baru tersebut telah berjalan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY