Toyota C-HR Raih Bintang Lima Uji Tabrak Euro NCAP

980
0
BERBAGI

Saat ini, peran lembaga penguji keamanan kendaraan sangatlah besar. Masyarakat yang mulai melek perihal fitur keamanan dan penunjang keselamatan pada sebuah kendaraan menjadikan lembaga penguji keselamatan sebagai salah satu indikator dalam memilih kendaraan. Ironisnya, banyak produsen otomotif yang awalnya menentang keberadaan lembaga penguji macam ini, kini justru berlomba-lomba untuk meraih hasil terbaik dalam pengujian yang dilakukan.

Salah satu lembaga tersebut adalah Euro NCAP (European New Car Assessment Programme) yang dikenal memiliki standar tinggi perihal pengujian keamanan suatu kendaraan. Seperti namanya, Euro NCAP bertujuan untuk menilai standar keamanan sebuah mobil baru. Dan di awal bulan Maret ini, Euro NCAP baru saja merilis hasil uji tabrak dari kendaraan compact SUV baru Toyota, C-HR.

Hasil Memuaskan

Melalui video yang dirilis Euro NCAP, Toyota C-HR mendapatkan sejumlah pengujian tabrak, mulai dari tabrakan frontal dengan metode sebagian maupun keseluruhan, tabrak samping, tabrak belakang, tabrak tiang, tabrak pejalan kaki, hingga pengujian fitur rem otomatis mobil tersebut.

Hasil crash test Toyota C-HR di Euro NCAP (Foto: Euro NCAP)

 

Melalui sejumlah ‘penyiksaan’ tadi, Euro NCAP memberikan penilaian yang memuaskan untuk Toyota C-HR. Tercatat mobil ini meraih rating 95 persen untuk perlindungan penumpang dewasa, 77 persen perlindungan penumpang anak, 76 persen perlindungan pejalan kaki, serta 78 persen untuk hasil memuaskan yang didapat dari pengujian fitur dan perangkat penunjang keselamatan. Atas hasil yang diraih, Euro NCAP menganugerahi mobil ini skor bintang lima.

Berjaya Juga di Australia

 

Selain di Eropa, mobil ini juga mendapatkan pengujian dari Australian NCAP. Hasil yang diraih juga sama memuaskannya dengan hasil yang diperoleh di Euro NCAP: lima bintang! Toyota C-HR mencatatkan angka 33,18 poin dari total 38 poin untuk perlindungan penumpang dewasa dan nilai 77 persen untuk perlindungan penumpang anak.

Hasil crash test Toyota C-HR di Australian NCAP (foto: ANCAP)

Sejumlah pengujian keselamatan lain juga berhasil dilewati mobil ini berkat adanya fitur-fitur penunjang keselamatan macam autonomous emergency braking (AEB), lane support systems (LSS), dan tujuh buah airbags. Melihat hasil memuaskan ini, rasanya makin tidak sabar untuk melihat mobil ini mengaspal di Indonesia bukan?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY