Setelah Bergabung dengan Peugeot, Apakah Opel akan Kembali ke Indonesia?

Setelah Bergabung dengan Peugeot, Apakah Opel akan Kembali ke Indonesia?

596
0
BERBAGI
(sumber: Autocar)

PSA Group telah mengambil alih kepemilikan Opel dari General motors (GM) dengan mahar sebesar Rp 31 triliun. Melalui hal ini, PSA kini menjadi produsen mobil terbesar kedua di Eropa setelah Volkswagen Group. Melihat hal tersebut, timbul pertanyaan khusus dari konsumen di Indonesia. Seperti kita ketahui, di Indonesia ada salah satu merek mobil yang berada di bawah naungan PSA Group, yakni Peugeot, yang namanya cukup berkibar di masa jayanya. Pertanyaannya, apakah dengan masuknya Opel ke PSA Group, merek Opel bakal kembali hadir di Indonesia?

Menanggapi hal ini, Marketing Communications PT Astra International-Peugeot, Mizwar Ilmi mengatakan bahwa Peugeot Indonesia masih belum mengetahui rencana dari pihak PSA Group. Untuk saat ini, Mizwar baru bisa menjanjikan bahwa akan ada informasi resmi dari pihaknya jika PSA Group telah mempunyai rencana pasti. Sedangkan terkait kemungkinan Peugeot Indonesia membawahi Opel di Indonesia, Mizwar juga belum bisa memberikan jawaban, terlebih karena menurutnya Peugeot Indonesia biasanya hanya berkomunikasi dengan prinsipal di Prancis terkait produk Peugeot saja, termasuk mengenai strategi pemasaran produk ataupun info perubahan manajemen.

Peugeot Indonesia Belum Tertarik?

Jika melihat kebali ke beberapa tahun belakang, Opel sebenarnya pernah berjaya di Indonesia melalui popularitas Opel Blazernya. Lalu apakah Peugeot Indonesia belum tertarik untuk mengembalikan nama besar Opel di Indonesia? Pihak Peugeot Indonesia menjelaskan, walaupun dengan adanya kepemilikan PSA Group di Opel, tidak berarti Peugeot lantas bisa dengan mudah bisa menjual mobil ini di Indonesia. Menurut Mizwar, jika Opel di bawah PSA Group tidak menutup kemungkinan akan dibawa oleh distributor lain bukan di bawah Astra International selaku perusahaan yang saat ini melakukan penjualan kendaraan Peugeot roda 4.

Bengkel Astra International Peugeot di Jakarta tahun 80an (foto: VWvortex/Rj_Shiver)

“Nah Peugeot di markas pusatnya, manajemennya memang sama, tapi di Indonesia lain. Kalau kita di Astra hanya menjual produk kendaraan roda empat, spare part dan service. Jadi komitmen di Peugeot Indonesia di Indonesia seperti itu, tidak menjual produk lain,” tambah Mizwar. Mizwar melanjutkan, untuk bisa menjual Opel di Indonesia, PSA Group memiliki sistem lelang di Prancis, sehingga besar kemungkinan perusahaan lain untuk menjadi menjadi distributor Opel di Indonesia. “Kalau pun ada, saya tidak tahu dia menunjuk Astra International lagi atau Garansindo atau yang lain. Kalau Astra saat ini hanya menjual produk Peugeot (mobil), spare part dan service. Kalau ditunjuk lagi, ya saya tidak tahu,” tutup Mizwar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY