Ingin Punya Mobil Seperti Milik Raja Salman? Kaya Saja Ternyata Tidak CUkup!

Ingin Punya Mobil Seperti Milik Raja Salman? Kaya Saja Ternyata Tidak CUkup!

839
0
BERBAGI
Mercedes-Maybach S 600 Pullman Guard (Foto: Mercedes-Benz)

Kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia masih menyisakan euforia tersendiri. Betapa tidak, sang Raja membawa serta 1.500 rombongan beserta pernak-pernik mewah selama mengunjungi Indonesia. Untuk mengakomodasi mobilitas sang Raja, tersedia Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard yang diklaim sebagai salah satu kendaraan non-militer terkuat di dunia.

Mobil ini bisa menahan serangan senapan mesin sekelas M-16 maupun AK-47, tahan granat ringan, kuat terhadap ledakan dari arah bawah, serta punya beragam spesifikasi canggih lainnya yang menjamin keselamatan Raja Salman selama berkendara dengan mobil ini. Kabarnya, untuk memiliki mobil ini Anda harus merogoh kocek hingga lebih dari Rp 20 miliar. Kalaupun Anda memiliki uang sebanyak itu, ternyata masih ada syarat lain yang harus dipenuhi sebelum bisa memboyong Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard ke garasi Anda.

 

 

Punya Kemungkinan Ditolak

Sejumlah syarat yang diperlukan merupakan bagian dari sistem “Customer Integrity Check” yang menjadi salah satu sistem verifikasi latar belakang calon pembeli kendaraan Mercedes-Benz. Menurut Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication Mercedes-Benz Indonesia, dengan sistem ini ada kemungkinan seorang calon konsumen Mercedes-Benz akan ditolak permohonan pembeliannya jika dianggap berpotensi mendatangkan dampak negatif buat Mercedes-Benz.

Pembelian Mercedes-Maybach S 600 Pullman Guard harus menjalani verifikasi ketat (Foto: Mercedes-Benz)

Data pemohon akan terhubung dengan pusat data Mercedes-Benz di Stuttgart, dan nantinya prinsipal maupun dealer punya wewenang untuk tidak menjelaskan kepada calon konsumen alasan penolakan permohonan pembeliannya. Proses ini merupakan prosedur standar yang diterapkan pada semua pembelian mobil Mercedes-Benz versi reguler. Artinya, jika Anda tertarik untuk membeli versi Guard, maka prosesnya akan lebih ketat lagi.

 

Pembelian Untuk Negara Juga Diverifikasi

Saat calon konsumen tertarik untuk memesan versi Guard, maka pihak pemegang merek maupun dealer akan menyalurkan permohonan pembelian ke kantor pusat Stuttgart untuk proses verifikasi. Orang yang menangani proses permohonan ini pun tidak bisa sembarang orang, melainkan hanya orang-orang tertentu saja yang ditunjuk oleh Mercedes-Benz. Nantinya, hasil verifikasi yang berupa persetujuan atau penolakan yang dikeluarkan pihak prinsipal tidak bisa diganggu gugat oleh pihak pemegang merek maupun dealer. 

Pembelian untuk keperluan negara pun melalui verifikasi ketat (Foto: caranddriver)

Proses verifikasi yang berlapis ini ternyata tidak hanya berlaku bagi pembeli perorangan, melainkan juga bagi pembelian atas nama negara. Dalam proses verifikasi, ada beberapa hal yang diperiksa, mulai dari verifikasi nama dan berbagai latar belakang pemohon, penjelasan tambahan mengenai keperluannya membeli versi Guard untuk apa dan siapa yang akan menaikinya, tak terkecuali untuk kebutuhan kegiatan negara sekalipun. Persetujuan permohonan pembeliannya pun melewati beberapa jenjang approval untuk memastikan bahwa mobil tersebut tidak jatuh ke pemesan yang salah. Menurut Hari, hal ini berkaitan dengan soal standar audit Mercedes-Benz di kantor pusat sekaligus berlaku di semua jaringannya.

Opsi Lain

Sebagai sebuah kendaraan yang dirancang khusus, maka pembelian versi Guard tidak bisa dilakukan secara dadakan karena semua spesifikasi fitur perlindungan tambahan butuh waktu dalam pembuatan serta pengujian khusus soal mutu perlindungannya. Ini berarti Anda tidak bisa memaksakan mobil pesanan Anda jadi dalam waktu cepat meskipun permohonan Anda sudah diverifikasi dan disetujui.

Jika pembeli menggunakan fitur dari pihak ketiga, maka garansi mobil ini akan hilang (Foto: galaberita)

Solusi lainnya, pembeli bisa saja menghubungi pihak ketiga untuk memasangkan fitur-fitur yang serupa dengan versi Guard. Hanya saja, garansi yang diberikan akan hilang. Menurut Hari, mobil versi Guard itu satu unit mobil baru secara utuh yang pembuatannya memang dibuat khusus sebagai versi Guard. Jadi pengaplikasian fitur yang bukan menjadi standar Guard tentu saja akan menghilangkan garansinya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY