Honda Civic Type R Curi Perhatian di Geneva Motor Show 2017

Honda Civic Type R Curi Perhatian di Geneva Motor Show 2017

456
0
BERBAGI
Honda Civic Type R meluncur di Geneva (Foto: Carscoops)

Gelaran eksibisi otomotif akbar bertaraf dunia, Geneva Motor Show (GMS) 2017 baru saja dibuka. Ajang tahunan ini amat dinantikan karena kerap dianggap sebagai barometer industri otomotif dunia. Selain menampilkan mobil-mobil terbaru, ada juga mobil konsep dan pamer kecanggihan teknologi otomotif terbaru yang dimiliki oleh setiap pabrikan.

Tak heran jika banyak pabrikan memilih untuk melepas produk andalannya di GMS, termasuk Honda yang memperkenalkan Civic Type R 2018 di ajang tersebut. Bisa ditebak, mobil ini langsung mencuri perhatian para pengunjung GMS 2017, apalagi model sebelumnya yang meluncur di tahun 2015 boleh dibilang berusia pendek.

Spesifikasi

Civic Type R 2018 mendapatkan penambahan body kit guna meningkatakn aerodinamika. Selain itu, ini membuat Civic Type R tampil lebih sporty jika dibandingkan dengan model standar. Air scoop tampak terpasang pada kap mesin dan bumper belakang terlihat lebih lebar, lengkap dengan sayap serta tiga pipa knalpot.

Honda Civic Type R tampak belakang (Foto: Carscoops)

Jantung pacunya bermesin 2.000 cc turbo, dan mendapatkan ubahan setting sehingga tenaganya naik sampai 316 hp dengan torsi puncak hampir 400 Nm. Tenaga sebesar itu disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6-percepatan, dan terdapat mode pengendaraan baru untuk menyesuaikan predam kejut, kekakuan setir, feeling memindah gigi, sampai respons atau tarikan gas. Tersedia juga pilihan mode berkendara Comfort, Sport dan +R.

Peluang Masuk Indonesia

Untuk mendukung performanya, Civic Type R 2018 mendapatkan peningkatan rigiditas sampai 38 persen. Suspensi diatur ulang untuk meminimalisasi efek torsi pada setir, sekaligus memaksimalkan pengendalian yang sporty. Mobil ini akan segera masuk jalur produksi pada musim panas tahun ini di pabrik Honda, Swindon, Inggris yang sekaligus menjadi basis produksi Civic Type R untuk pasar Amerika Serikat, Inggris dan Jepang.

Interior Civic Type R (Foto: Carscoops)

Sebagai produk global, Honda Civic Type R tentunya punya peluang besar untuk masuk ke Indonesia. Namun mengingat bahwa PT Honda Prospect Motor sudah punya rencana untuk memasukkan Civic Hatchback tahun ini, maka kita mesti bersabar. Itupun kalau memang benar mobil ini direncanakan masuk Indonesia. Kalau tidak, ya apa boleh buat?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY