Tidak Mau Buru-Buru, Toyota Indonesia Masih Perdalam Riset Pasar untuk C-HR

Tidak Mau Buru-Buru, Toyota Indonesia Masih Perdalam Riset Pasar untuk C-HR

516
0
BERBAGI
Toyota C-HR Hybrid Concept di GIIAS 2016 (Foto: Ototaiment)

Minggu lalu, beredar kabar yang mengatakan bahwa Toyota C-HR akan segera diproduksi di Indonesia. Mobil ini dikabarkan akan menggantikan kedudukan Toyota Rush, dan menjadi saingan utama Honda HR-V. Namun jika merujuk dari pernyataan Direktur Senior PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Edward Otto Kenter, Toyota Indonesia masih dalam proses riset dan penjajakan. “Toyota C-HR? Itu kan bagian, sudah disebut di berita yang di-launching di Jepang. Semuanya kita berjuang, sehingga kita bisa membuat dan memperkenalkan itu. Jadi kita bisa layani market yang sekarang, termasuk ekspor. Pastinya harus kompetitif,” ungkap Edward.

Toyota Indonesia memang terkesan tidak mau buru-buru memproduksi dan meluncurkan mobil ini di Indonesia, karena peluncuran sebuah produk memang membutuhkan perencanaan yang matang, terkait dengan masalah penjualan. “Kita sedang mempelajari, dan itu semua tidak bisa didapat begitu saja, harus dibuktikan, dan pasar bisa menerima,” jelas Edward.

Memakai Platform TNGA?

Sekarang, pabrikan otomotif besar asal Jepang ini sudah memiliki platform baru yang disebut Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform ini akan digunakan untuk berbagai model baru, seperti Toyota Prius dan Toyota C-HR. Dengan platform ini, Toyota Jepang ingin mengoptimalkan tiga aspek yaitu desain, penggerak, dan kedinamisan. Edward mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah mempersiapkan platform baru tersebut agar bisa sesuai dengan karakteristik konsumen di Indonesia.

Produksi Toyota C-HR (Foto: Carscoops)

Saat ditanya kapan akan mulai produksi dengan platform TNGA, Edward sendiri belum tahu karena bahwa di pusatnya, Jepang, Toyota belum memulainya. “Kan baru mulai itu juga sekarang, maksudnya belum start di pusat (Jepang). Jadi kita sama-sama lah,” terang Edward. Lalu, jika nantinya Toyota Indonesia benar bisa memproduksi model baru dengan platform TNGA tersebut, apakah Toyota C-HR yang juga menggunakan platform tersebut bisa diproduksi di Indonesia? Kita tunggu saja perkembangan berikutnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY