Suzuki Luncurkan Ertiga Diesel Hybrid di Kota Yogyakarta

Suzuki Luncurkan Ertiga Diesel Hybrid di Kota Yogyakarta

491
0
BERBAGI
Press conference Suzuki Ertiga Diesel Hybrid di Yogyakarta (Foto: Ototaiment)

Meskipun Suzuki Ertiga Diesel Hybrid sudah meluncur resmi di tanggal 7 Februari 2017 lalu, namun sejumlah kota besar lain di Indonesia baru mendapatkan mobil ini beberapa waktu kemudian dalam periode 10 Februari – 11 Maret 2017. Yogyakarta menjadi kota ketujuh yang mendapat giliran untuk me-launching mobil anyar Suzuki ini pada tanggal 11 Maret 2017 bertempat di Jogja City Mall, Yogyakarta.

Melalui peluncurannya ini, Suzuki Sumber Baru sebagai main dealer Suzuki di Yogyakarta menawarkan harga Rp 224,9 juta untuk Ertiga Diesel Hybrid. Tak hanya itu, ada juga sederet promo menarik yang ditawarkan bagi konsumen Ertiga Diesel Hybrid seperti: hadiah pembelian 1.500 liter Pertadex, hadiah undian home theater dan TV LED, serta kesempatan meraih sepeda motor sport yakni 3 unit Suzuki GSX R150 dan 3 unit Suzuki Satria FU 150.

Teknologi Hybrid

Seperti yang sudah kami ulas sebelumnya, Ertiga Diesel Hybrid dilengkapi dengan mesin berkode D13A dengan kapasitas mesin 1.300 c DOHC yang didukung oleh teknologi DDiS (Diesel Direct Injection System). Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 89 PS dan torsi 200 Nm dengan dukungan transmisi manual 5-percepatan. Ada pula penggunaan sistem hybrid yang berguna untuk menambah tingkat efisiensi bahan bakar.

Teknologi hybrid yang diusungnya membuat mobil ini mampu lebih irit dalam hal konsumsi BBM (Foto: ototaiment)

Cara kerjanya, saat berkendara secara normal, mesin akan bekerja sekaligus mengisi baterai yang dibantu oleh teknologi ISG (Integrated Starter Generator). Teknologi ini memiliki dua fungsi berbeda. Pertama sebagai generator untuk menangkap dan menyimpan energi ke baterai saat kendaraan dalam fase deselerasi (perlambatan), dan kedua sebagai motor yang akan memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi. Hasilnya, mobil ini mampu mencatatkan angka konsumsi bahan bakar hingga 22,6 km/liter.

Tidak Untuk Taksi

Melihat angka konsumsi bahan bakar yang sangat irit, tentunya tidak heran jika banyak kalangan lantas berpikir bahwa Ertiga Diesel Hybrid punya potensi besar untuk digunakan sebagai armada taksi. Namun sejuah ini, rasanya kita jarang atau malah tidak pernah melihat taksi dengan Ertiga sebagai armadanya.

Menurut Presdir Sumber Baru Group, Ertiga memang tidak ditujukan untuk pasar taksi (Foto: ototaiment)

Menanggapi hal ini, Hendra Kurniawan selaku Presiden Direktur Sumber Baru Group menyatakan bahwa Suzuki memang tidak ingin Ertiga digunakan sebagai armada taksi. Dirinya mengatakan hal itu bisa menurunkan brand image Ertiga, sehingga Hendra menjamin tak ada taksi plat kuning yang akan menggunakan Ertiga. Namun jika digunakan untuk taksi online yang biasanya personal, Hendra mengaku tidak bisa berbuat apa-apa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY