Toyota Tambahkan Rp 5 Triliun untuk Investasinya di Indonesia

Toyota Tambahkan Rp 5 Triliun untuk Investasinya di Indonesia

316
0
BERBAGI
(Foto: Skanaa)

Seperti yang sudah diberitakan kemarin, Presiden Indonesia, Joko Widodo pada hari Senin, 13 Maret 2017 lalu telah mengadakan pertemuan tertutup dengan Presiden Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda di Istana Merdeka. Walau tidak diberitakan dengan detail tentang hasil pertemuan ini, tetapi dikabarkan bahwa pertemuan ini adalah tentang permintaan Jokowi terhadap Toyota agar tetap berinvestasi di Indonesia, dan Toyoda pun dikabarkan telah berjanji akan meningkatkan investasinya di Indonesia. Usai pertemuan itu, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto memberikan keterangan bahwa Toyota akan menambahkan nilai investasinya sebanyak Rp 5 triliun, dari yang awalnya sebesar Rp 20 triliun menjadi Rp 25 triliun.

Selain investasi, Airlangga mengatakan Toyota Motor Corporation juga berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam pelatihan vokasional. “Jadi mereka mendorong akan ada magang 6 bulan itu, jadi sejalan vokasional traning. Kemudian investasi dari Rp 20 triliun dalam 5 tahun, menjadi Rp 25 triliun,” kata Airlangga. Saat ini, investasi yang telah dilakukan oleh Toyota telah mencapai Rp 18 triliun, jadi masih ada Rp 7 triliun lagi yang dikejar oleh pemerintah RI. “Jadi kita kejar Rp 7 triliun lagi. Jadi Rp 5 triliun ini tambahan ada beberapa, seperti mereka sedang mendorong research and development, dan lain-lain di Indonesia,” terang Airlangga.

Tidak Hanya Toyota

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono juga memberikan keterangan bahwa Presiden Joko Widodo meminta agar investasi industri Jepang di Indonesia bukan hanya dilakukan oleh Toyota Motor Corporation (TMC) saja. “Pak Jokowi minta agar investasi industri Jepang, bukan hanya Toyota, tapi makin banyak yang melakukan di Indonesia,” kata Warih. Ia menyebutkan bahwa Presiden Jokowi menyatakan pemerintah akan mendukung agar kegiatan-kegiatan investasi di berbagai industri bisa terlaksana dengan baik.

TMMIN Karawang plant 3 (sumber: oto.detik.com)

Dalam kesempatan itu, menurut Warih, Presiden TMC juga berkomitmen terus melakukan pengembangan industri di Indonesia. Warih menyebutkan, kunjungan Presiden TMC ke Presiden Jokowi merupakan kunjungan balasan setelah Presiden Jokowi mengunjungi Toyota di Jepang tahun 2015. “Jadi ini adalah laporan kepada Pak Presiden mengenai komitmen Toyota Motor Corporation di Indonesia,” tutupnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY