Double Cabin dari India Coba Tantang Mitsubishi Triton di Indonesia

Double Cabin dari India Coba Tantang Mitsubishi Triton di Indonesia

337
0
BERBAGI
(foto: tatamotors.co.id)

Mobil double cabin dari pabrikan India, Tata Motors mulai dijual di Indonesia. Mobil ini pertama kali diperkenalkan saat gelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu. Mobil yang diberi nama Xenon XT D-Cab 4×4 ini datang ke Indonesia dan masuk ke pasaran pick up double cabin untuk bersaing langsung dengan Mitsubishi Triton.

Hari Selasa, 14 Maret 2017 lalu, media otomotif Indonesia diundang oleh Tata Motors Indonesia dan disuguhi uji performa Xenon XT di lintasan off-road ringan milik Jeep Station Indonesia, Gadok, Bogor, Jawa Barat. Mobil ini berhasil membuktikan kemampuannya. Walaupun track yang dilalui tidak begitu ekstrim, tapi test drive ini dianggap mewakili target market yang akan disasar Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI).

Mesin Mumpuni

Mohamad Arief Budiman, Technical Trainer Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) mengatakan, medan yang disuguhkan memang tidak terlalu ekstrim dan unit yang disediakan juga masih standar, terutama soal urusan mesin. Namun, ada sedikit penggantian pada ban dan suspensi yang dinaikkan sedikit, menyesuaikan dengan medannya. “Tata Xenon ini punya performa lebih baik dibanding dengan kompetitornya di kelas yang sama (2.2L), bahkan torsi dan tenaganya bisa menyamai mobil yang punya ukuran mesin lebih besar di 2.5L,” ujar Arief. Kiki Fajar, Corporate Communication Head TMDI menambahkan, produk ini lahir dan difokuskan untuk membidik kebutuhan di segmen perkebunan, perkembangan dan kendaraan dinas pemerintah. Namun, kami juga kerap mendapat profil konsumen yang membeli untuk digunakan sebagai hobi, yang dimodifikasi, agar lebih layak untuk melahap medan ekstrim.

Tata Xenon saat diuji di track off-road di Jeep Station Indonesia, Gadok, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 15 Maret 2017. (foto: Kompas)

Menurut data dari pabrik, Xenon dibekali mesin diesel common rail Tata 2.200 cc VTT DICOR, yang dikombinasi dengan transmisi manual 5-percepatan. Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mencapai 148 Hp pada 4.000 rpm dan torsi puncak 320 Nm di putaran mesin 1.700-2.700 rpm. Model 4×4 memberikan fitur shift on fly 4×4 system yang mendukung kemampuan off-road cukup optimal. Kemudahan perpindahan gigi dan kenyamanannya dicapai berkat teknologi gearbox GBS-76- 5/4.1, dengan over drive dari Xenon D-Cab. Model ini dibanderol Rp 320 juta OTR Jakarta.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY