Mazda Patenkan Mesin Rotary Hybrid Terbarunya

Mazda Patenkan Mesin Rotary Hybrid Terbarunya

252
0
BERBAGI
Model terakhir Mazda yang menggunakan mesin rotary konvensional. Legendaris! (foto: The Motor Report)

Setelah Mazda menidurkan mesin rotary-nya, banyak kabar simpang siur yang beredar bahwa sebenarnya Mazda tengah mempersiapkan mesin rotary generasi terbaru. Dikutip dari berita yang dirilis oleh Autoblog, kabar terang tentang mesin rotary generasi terbaru dari Mazda telah memiliki hak paten. Mazda dikabarkan telah mematenkan desain mesin rotary terbaru mereka di Amerika Serikat.

Karena telah dipatenkan, besar kemungkinan mesin ini akan segera diperkenalkan secara resmi ke pasar, tetapi hingga saat ini masih belum ada kabar pasti mengenai hal tersebut. Hingga saat ini pun, belum ada pihak yang tahu mesin rotary ini akan dipasangkan pada mobil apa, walaupun beberapa saat lalu Mazda pernah memamerkan mesin rotary turbocharged baru yang dipasangkan pada mobil konsep RX-Vision.

Dua Paten Mesin Rotary Baru

Yang unik dari mesin rotary Mazda terbaru ini adalah akan dikawinkannya mesin ini dengan motor listrik alias hybrid. Mazda kabarnya langsung mematenkan dua teknologi terbaru mereka, paten pertama Mazda dikatakan mirip seperti konsep yang ditawarkan BMW i3, yakni dengan menyelipkan motor listrik pada roda depan sementara roda belakang akan digerakkan mesin bakar yang juga akan mengirimkan tenaga ke generator elektrik, dan dibagian tengah terselip baterai lithium-ion yang juga berperan untuk menyimpan dan memberikan listrik.

Sedangkan untuk paten yang kedua yang diajukan Mazda ialah sistem start-stop yang dikhususkan untuk mesin rotary. Selain itu dikatakan piston juga mengalami perubahan, dan saat posisi rotor tertutup maka tidak ada bahan bakar atau emisi gas buang menyelinap keluar melalui saluran intake. Hal ini diperlukan, karena semua pembakaran, keluar masuk udara juga akan diatur oleh rotor tersebut. Karena seperti yang kita tahu, mesin ini tidak memiliki klep (valve) baik untuk in atau out. Selanjutnya paten ini juga menjelaskan kemungkinan percikan busi bekerja setelah bahan bakar telah dipotong untuk menghilangkan emisi bahan bakar sisa. Sistem ini secara teoritis akan meningkatkan efisiensi bahan bakar mesin rotary dan menurunkan sisa emisi gas buang secara signifikan. Ya, mesin rotary konvensional memang selama ini terkenal boros bahan bakar dan tidak ramah lingkungan, walaupun bisa menghasilkan tenaga yang luar biasa besar.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY