Bersiaplah, Bulan Depan Akan Ada Razia STNK

Bersiaplah, Bulan Depan Akan Ada Razia STNK

426
0
BERBAGI
Razia STNK (Foto: Pos Belitung)

Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta menyatakan ada jutaan kendaraan bermotor yang belum melakukan daftar ulang agar terdaftar oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) DKI Jakarta. Dari data tersebut, sedikitnya ada 600 ribu unit mobil yang tercatat belum melakukan daftar ulang. Padahal seperti kita tahu, ada undang-undang yang mengatur masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

 

Merujuk pada pasal 70 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, diketahui bahwa masa berlaku STNK adalah 5 tahun dan wajib setiap satu tahun mendapat pengesahan. Jika diketahui ada jutaan kendaraan bermotor yang belum melakukan daftar ulang, maka sudah tentu pemilik kendaraan tersebut melakukan pelanggaran hukum dan bisa mendapat sanksi.

Razia STNK

Atas dasar itulah petugas gabungan akan menertibkan masalah ini dengan melakukan operasi razia STNK. Petugas gabungan akan terdiri dari Badan Pajak dan Retribusi Daerah, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Ada jutaan kendaraan di DKI Jakarta yang belum melakukan daftar ulang STNK (Foto: polrescimahi)

Meskipun belum diketahui pasti waktunya, namun AKBP Budiyanto selaku Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya mengatakan waktu razia diperkirakan antara akhir April atau awal Mei 2017 ini. Saat akan memulainya, masyarakat dipastikan akan mendapat sosialisasi terlebih dahulu. Jadi, sebaiknya Anda pastikan STNK tidak bermasalah dan sudah terdaftar dengan baik agar tidak mempersulit diri Anda.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY